Begini Hak Anak Jika Suami Istri Masing-masing Ditanggung BPJS Kesehatan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kepala BPJS Kesehatan Makassar, Greisthy Bolotoding mengatakan, tanggungan BPJS Kesehatan anak akan mengikuti kelas tertinggi dari ayah atau ibunya.

Ini jika seorang perempuan yang bekerja, dan perusahaan menanggung BPJS nya. “Supaya tidak dobel iurannya, maka pegawai tersebut dikeluarkan dari tanggungan suaminya, sehingga untuk anak-anak terserah sesuai kesepakatan akan ditanggung oleh suami atau istri. Ketika nanti dirawat di RS, maka hak kelas akan mengikuti kelas yang tertinggi baik di istri atau suami,” terangnya.

Sebelumnya, tenaga kontrak atau honorer perempuan yang telah berkeluarga mempertanyakan pemotongan gaji karena iuran BPJS. Hal itu terjadi di instansi pemerintahan. Khususnya Pemkot Makassar.

Greisthy menjelaskan, gaji tenaga kontrak tetap harus dipotong. “Walaupun pegawai tersebut sudah masuk tanggungan suami tetap wajib didaftarkan sendiri oleh satuan kerjanya,” katanya.

Greisty berpijak pada perpres 82 tahun 2018 dan perpres 75 tahun 2019. Dimana wajib bagi pemberi kerja baik penyelenggara negara dan bukan penyelenggara untuk mendaftarkan pekerjanya. (rdi/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...