Pelatih Barcelona Salahkan VAR, Mantan Wasit Bilang Itu Benar

0 Komentar

Intervensi VAR yang membatalkan gol Lionel Messi/YouTube/Screenshot

FAJAR.CO.ID, JEDDAH—Kubu Barcelona kecewa dengan kekalahan mereka di babak semifinal Piala Super Spanyol. Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menuding video asisten wasit (VAR) jadi biang setelah membatalkan dua gol mereka.

Namun, mantan wasit, Andujar Oliver menegaskan bahwa keputusan VAR sudah benar. Pada gol Messi, ia mengatakan sang superstar memang mengontrol bola dengan lengannya sebelum menaklukkan Jan Oblak.

“VAR benar untuk membatalkan gol Messi. Gol Messi benar dianulir. Dia terbantu oleh penggunaan lengan,” kata Andujar Oliver menanggapi polemik akibat penggunaan VAR dikutip dari MARCA.

Yang paling diprotes Valverde sebenarnya adalah gol Gerard Pique di pertengahan babak kedua saat mereka dalam posisi unggul 2-1. Sesuai VAR, Arturo Vidal dalam posisi offside sebelum memberi assist pada Pique.

“Saya tidak berpikir itu offside pada Arturo Vidal. Sepertinya dia satu atau dua milimeter (di depan). Sangat sulit untuk memiliki garis sempurna antara dua pemain. VAR seharusnya lebih adil,” kata Valverde kecewa dikutip dari MARCA.

Dalam laga yang berlangsung di King Abdullah Sports City, Atletico menang dramatis dengan skor tipis 3-2. Selain dua gol Barcelona dianulir VAR, Atletico yang sempat tertinggal juga memastikan kemenangan mereka dengan dua gol di menit-menit akhir.

Pada pertandingan ini, Koke membuka keunggulan Atletico di menit ke-46. Menerima bola dari Angel Correa di kotak penalti, Koke dengan mudah menaklukkan penjaga gawang Barca, Neto.

Barcelona yang mendominasi pertandingan sejak babak pertama menyamakan kedudukan di menit ke-51. Berhasil menerobos masuk ke kotak penalti, Lionel Messi melepaskan tendangan kaki kanan yang tidak bisa dijangkau Jan Oblak.

Messi kembali mencetak gol di menit ke-59. Hanya saja, intervensi VAR membatalkan gol sang superstar. Dari tayangan VAR terlihat Messi menyentuh bola dengan lengannya saat mengontrol bola.

Namun, Barca bisa benar-benar membalikkan keadaan di menit ke-62. Gol dilesakkan Antoine Griezmann lewat tandukan jarak dekat memaksimalkan bola rebound di depan gawang.

Barca mencetak gol ketiga mereka di menit ke-74 lewat tendangan jarak dekat Gerard Pique. Tapi, lagi-lagi gol itu dibatalkan karena Vidal terlihat berdiri dalam posisi offside. Dianulirnya gol itu seolah menjadi momentum bangkit bagi Atletico.

Pada menit ke-81, mereka bisa menyamakan kedudukan setelah wasit Jose Luis Gonzalez menujuk titik putih akibat Neto menjatuhkan Vitolo di kotak terlarang. Alvaro Morata dengan mudah menaklukkan sang kiper untuk menyamakan skor menjadi 2-2.

Atletico akhirnya memastikan kemenangan di menit ke-86. Menerima umpan terobosan dari Morata di kotak penalti, Angel Correa menaklukkan Neto lewat tendangan kaki kanan. Skor 3-2 dan Atletico akan menantang Real Madrid di final akhir pekan ini. (amr)



Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...