Presiden Iran Hassan Rouhani Peringatkan Trump Tak Membuat Kesalahan Lain

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, TEHERAN– Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan satu-satunya cara untuk menjaga keamanan regional, adalah memperkuat persahabatan dan kerja sama negara-negara tetangga serta mencegah campur tangan asing.

Presiden Iran membuat pernyataan pada Kamis malam dalam sebuah panggilan telepon dari Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad bin Khalifa Al Thani, setelah pembunuhan Letnan Jenderal Qasem Soleimani.

Rouhani menggambarkan pembunuhan Jenderal Soleimani sebagai kejahatan besar Amerika Serikat. Dia menyerukan kecaman terhadap kejahatan oleh semua negara di dunia, terutama tetangga Iran.

Pembunuhan Letnan Jenderal Soleimani sebagai tamu rakyat dan pemerintah Irak merupakan penghinaan besar terhadap kedaulatan Irak dan kejahatan yang sangat besar terhadap bangsa Iran.

“Resolusi yang disahkan oleh parlemen Irak tentang perlunya pasukan AS menarik diri dari negara itu dan dukungan luas rakyat Irak sangat berharga,” kata Rouhani dilansir iranpress, Jumat, 10 Januari.

Rouhani juga menunjuk tanggapan militer Iran terhadap tindakan teroris pemerintah AS, menekankan bahwa AS akan menghadapi respons yang besar dan berbahaya jika ingin merespons tindakan Iran.

“Saya berharap orang Amerika, yang kehidupan politiknya selalu penuh kesalahan, jangan membuat kesalahan lain,” katanya.

“Saya berharap bahwa pada saat yang kritis ini, semua negara yang mencari keamanan, akan membawa Amerika Serikat dengan serius terhadap hukum dan kemanusiaan,” tandas Rouhani

Rouhani menegaskan, Iran akan terus bekerja dengan pemerintah dan negara Qatar untuk berurusan dengan sanksi kejam, seperti yang terjadi di masa lalu. “Kami menolak segala ketegangan terhadap Republik Islam Iran,” kata Emir Qatar.

Sheikh Tamim bin Hamad bin Khalifa Al Thani menyatakan bahwa Qatar tidak akan melupakan posisi pemerintah dan bangsa Iran mengenai sanksi terhadap negaranya.

Karena itu, Emir Qatar menekankan bahwa semua kapasitas yang dimiliki akan digunakan untuk mengembangkan lebih lanjut hubungan Teheran-Doha di semua bidang. (fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...