Cuaca Ekstrem, Ini Imbauan BPBD Bone untuk Pendaki dan Nelayan

0 Komentar

Kepala BPBD Bone, Dray Vebrianto. (FOTO: AGUNG PRAMONO/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE — Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi cuaca di Bumi Arung Palakka, Bone hujan untuk hari Sabtu (11/1/2020).

Prakiraan cuaca di Bone hujan lokal dengan suhu 29 derajat celsius saat pagi hingga siang hari. Sedangkan kelembaban udara mencapai 80 persen dan kecepatan angin 40 kilometer per jam.

Saat malam, BMKG memprediksi cuaca Bone kembali hujan dengan suhu mencapai 27 derajat celcius. Sedangkan kelembaban udara mencapai 85 persen dan kecepatan angin 40 kilometer per jam.

Makanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bone mengimbau kepada seluruh nelayan dan para pendaki untuk berhati-hati. Itu demi mencegah hal-hal yang tidak ingin terjadi.

“Untuk para pendaki agar menunda sementara rencana pendakiannya karena cuaca yang cukup ekstrem. Demikian juga nelayan agar tidak terlalu jauh melaut,” kata Kepala BPBD Bone, Dray Vebrianto.

Sekadar diketahui, pada 9 Januari kemarin dua mil dari arah utara Pelabuhan Bajoe perahu yang ditumpangi Andi Gustam, Hasim, Ardi, Bara dan Wahyu macet di tengah laut karena mesinnya mati. Beruntung Basarnas, Brimob Yon C, dan Polair cepat melakukan tindakan.

Dan diwaktu yang sama Kapal KLM Alma Jaya tenggelam di Pelabuhan Cappa Ujung, Kabupaten Sinjai pada pukul 22.38 Wita. Awak kapal semoat terombang-ambing di tengah lautan sebelum diselamatkan. Namun, ada satu yang meninggal yakni, Mappiosa (50) asal Kajuara, Bone.

Sementara untuk jalur pendakian di Bahong Langi dan Coppo Cempa di Kabupaten Bone, tidak ditutup. Hanya saja, untuk para pendaki agar tidak gegabah melakukan pendakian mengingat cuaca sedang ekstrem. (gun)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...