FKG Unhas Hadirkan Ahli Bedah Asal Taiwan

0 Komentar

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin kembali menggelar Kuliah Tamu (Guest Lecture) yang menghadirkan pembicara asal Taiwan, Prof Lun-Jou Lo, MD. Narasumber ini berafiliasi dengan Departemen Bedah Plastik, Rumah Sakit Chang Gung, Universitas Chang Gung, Taoyuan, Taiwan.

Kuliah tamu berlangsung mulai pukul 14.00 WITA di Ruang Molar, FKG Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar. Prof. Lun-Jou membahas topik besar yakni “Plastic and Reconstructive Surgery; Khususnya Rekonstruksi Rahang”.

Diawal pemaparannya, Prof Lun-Jou memperkenalkan beberapa divisi bedah di Chang Gung Memorial Hospital, Taipei serta menjelaskan berbagai jenis kasus yang telah dikerjakan bersama timnya, mulai dari cleft/lip palate surgery, aesthetic surgery, craniomaxillofacial surgery, orthognatic surgery, hingga facial contouring surgery.

Dalam melakukan berbagai prosedur operasi, Prof Lun-Jou selalu bekerja bersama tim yang terdiri dari ahli bedah plastik, orthodontis, bedah mulut, speech-language specialists, pekerja sosial, hingga perawat.

“Tim yang berasal dari multidisiplin sangat efektif dan suportif terhadap pasien-pasien di Taiwan maupun yang datang dari negara lain”, kata Prof Lun-Jou.

“Cosmetic dan reconstructive surgery merupakan prosedur operasi yang sangat banyak dilakukan di Chang Gung Memorial Hospital. Ada kepuasan tersendiri setelah melakukan prosedur operasi dan melihat pasien-pasien yang mengalami perubahan penampilan fisik secara dramatis sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka yang secara tidak langsung mempengaruhi kehidupan personal pasien itu sendiri”, tambah Prof Lun-Jou.

Dekan FKG Unhas, drg Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM(K) mengatakan progress ini sangat positif, dimana di awal tahun 2020 ini FKG Unhas telah mendatangkan dua Profesor asal Taiwan, dan semua Professor tersebut telah di register di FKG Unhas sebagai dosen “Adjunt Professor” serta Prof. Lun-Jou ini sudah ke tiga kalinya memberikan kuliah di FKG Unhas.

“Ini memang program rutin. Kami menghadirkan pembicara-pembicara luar negeri untuk berbagi ilmu di FKG Unhas. Kami konsisten meningkatkan Academic Reputation untuk mendukung Unhas menuju WCU sekaligus memperkenalkan FKG Unhas ke dunia Internasional,” lanjut drg Ruslin.

“Ini merupakan bukti kesungguhan FKG Unhas untuk terus menggenjot Akademik Reputation”, tegas drg Ruslin

Selain sebagai upaya FKG mendukung peningkatan Unhas sebagai World Class University (WCU), ini juga menjadi salah satu media pembelajaran efektif yang bermanfaat untuk mengupdate informasi keilmuan mahasiswa, Residen dan staf. Kegiatan yang menghadirkan kurang lebih 100 peserta. (ind)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...