Cuaca Ekstrem, Empat Penerbangan Terdampak di Bandara Internasional Sulhas


FAJAR.CO.ID, MAROS — Sekitar empat penerbangan terdampak akibat cuaca buruk, Minggu, 11 Januari.

Tiga penerbangan yang seharusnya mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (Sulhas) terpaksa dialihkan ke bandara lain (divert). Sedangkan satu penerbangan terpaksa kembali ke Bandara Sulhas atau return to base (RTB).

Penyebabnya karena angin kencang dan jarak pandang terbatas.

PLH Deputy Perencanaan dan Evaluasi Operasi Airnav Cabang Makassar, Yuyun Nugraha mengatakan penyebab ketiga penerbangan divert dan satu RTB dikarenakan angin kencang dan visibility rendah.

Dia mengurai ada dua penerbangan tujuan Makassar yang terpaksa dialihkan ke Balikpapan, dan satu penerbangan terpaksa dialihkan ke Kendari.

“Sedang satu pesawat tujuan Selayar mendarat kembali ke Bandara setelah sempat mengudara,” sebutnya.

Sementara itu Co General Manager PT Angkasa Pura I, Djon Herry mengatakan ada empat penerbangan yang terdampak karena cuaca di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin mulai pukul 00.00 Wita hingga 14.00 Wita.

“Jadi ada tiga penerbangan yang divert, dimana dua penerbangan terpaksa dialihkan ke Balikpapan yakni penerbangan tujuan Jakarta-Makassar dan Palu-Makassar. Sedangkan satu penerbangan tujuan Ternate-Makassar dialihkan ke Bandara Kendari,” ungkapnya.

Sedangkan satu penerbangan tujuan Makassar- Selayar yakni Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1316 terpaksa kembali ke Bandara Sulhas karena cuaca buruk di Selayar.

Komentar

Loading...