Jangan Panik Hadapi Monsun Asia


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR —  Sulsel diperkirakan bakal kembali dilanda cuaca ekstrem. Masyarakat diimbau tak panik.

MASYARAKAT tak perlu salah kaprah menanggapi beredarnya isu angin Monsun (muson) Asia, yang akan menerjang Sulsel. Monsun Asia sebetulnya adalah angin yang bergerak dari arah barat membawa massa udara yang lebih banyak.

Berbeda ketika musim kemarau, namanya angin Monsun Australia. Jadi kedua monsun merupakan siklus alam yang terjadi tahunan, sehingga tak perlu terlalu dirisaukan. Akan tetapi, juga tak boleh diabaikan.

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika melansir, Monsun Asia yang sedang terjadi saat ini memang ada potensi cuaca ekstrem. Seperti hujan lebat, angin kencang, hingga ombak tinggi.

“Saya harap jangan ada yang salah kaprah, yah. Kami pun sudah mensosialisasikannya ke masyarakat, bahwa kondisi ini terjadi dalam beberapa hari ke depan,” kata Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Asriani Idrus, Kamis, 9 Januari.

Hujan dengan intensitas sedang dan angin kencang masih akan dirasakan di Sulsel. Terutama di wilayah Pinrang, Parepare, Barru, Pangkajene, Gowa, Maros, Masamba, Malili, Makale, dan Rantepao, per 10 Januari hingga beberapa hari ke depan.

Hari ini, moderate sea ketinggian gelombang yakni 1,25-2.5 m. Hal ini terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Pare-Pare, Perairan Spermonde Pangkep-Makassar-Selayar.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...