Empat Ranperda Digodok, Satu di Antaranya Tentang Penanggulangan Narkotika

Ranperd Penanggulangan Narkotika

FAJAR.CO.ID,MAROS — Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penanggulangan Narkotika dan Psikotropika dan zat adiktif lainnya akan segera digodok.

Hal ini menyusul dilakukannya penyerahan empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros ke DPRD Maros untuk segera digodok menjadi Perda dalam rapat paripurna Senin, 13 Januari di Kantor DPRD Maros Jalan Lanto Dg Pasewang Maros.

Wakil Bupati Maros, HA Harmil Mattotorang mengatakan penyalahgunaan narkotika dan zak adiktif lainnya sangat berbahaya bagi perkembangan sumber daya manusia. Serta dapat mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya di Kabuoaten Maros sudah masuk dalam tataran mengkhawatirkan terutama dikalangan pelajar. Makanya dibutuhkan regulasi khusus di lingkup kita,” ungkap Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Maros ini.

Dia mengatakan menyusun peraturan daerah mengenai Narkotika ini merupakan salah satu tugas pemerintah daerah dalam melakukan fasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

“Dalam raperda ini memuat antisipasi dini, pencegahan, pelaporan, monitoring dan evaluasi, pasca rehabilitasi, partisipasi masyarakat, pembinaan dan pengawasan, pendanaan serta sanksi administrasi,” ungkapnya.

Ia berharap dengan berlakunya perda ini nantinya bisa menekan angka penyalahgunaan narkotika dan dapat melindungi generasi muda dari dampak buruk penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

“Harapannya angka pengguna Narkotika itu bisa terus diminimalisir,” sebutnya.

Komentar

Loading...