Barcelona kepada Valverde: Terima Kasih dan Semoga Sukses!

0 Komentar

Ernesto Valverde dipecat Barcelona hari ini/FC Barcelona/Screenshot

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Berakhir sudah tugas Ernesto Valverde di Barcelona. Setelah berbulan-bulan digoyang, sang pelatih akhirnya lengser Selasa, 14 Januari hari ini. Ia ditendang dari kursinya setelah bertugas selama dua setengah musim di Camp Nou.

FC Barcelona dalam pengumuman resmi mereka di situs klub menyampaikan bahwa klub dan Ernesto Valverde mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak kedua belah pihak.  Setelah pengumuman itu, Barca menyampaikan penunjukan Quique Setien sebagai pelatih baru.

Dalam pengumuman pemecatan Valverde, Barcelona memasang foto sang mantan pemain dan sebuah kalimat: Thank You And Good Luck!. “Klub secara terbuka menyatakan terima kasih kepada Ernesto Valverde atas profesionalisme, komitmen, dedikasinya, dan perlakuan positif yang selalu diberikannya terhadap semua yang membentuk keluarga Barca. Kami berharap dia beruntung dan sukses di masa depan,” demikian pernyataan Barca.

Valverde memimpin Barcelona dalam 163 pertandingan resmi, memenangkan 108 (66,25%), 35 imbang (21,47%) dan 20 kekalahan (12,26%). Selama di Barca ia mempersembahkan empat trofi sebagai pelatih: dua gelar La Liga, satu Copa del Rey dan satu Piala Super Spanyol.

Kiprahnya di Camp dimulai pada musim panas 2017 ketika mengambil alih klub setelah empat musim bersama Athletic Club de Bilbao. Setelah kalah dari Real Madrid di Piala Super Spanyol dalam debutnya sebagai manajer, ia mengakhiri musim dengan mengklaim gelar La Liga dan Copa del Rey. Sementara di Liga Champions, Barca kalah mengejutkan dari AS Roma di perempat final.

Musim keduanya di FC Barcelona dimulai dengan kemenangan di Piala Super Spanyol melawan Sevilla di Tangier, Maroko. Blaugranes juga mempertahankan gelar La Liga mereka. Namun, lagi-lagi akhir kampanye membawa momen kekecewaan. Barca kembali kalah di semifinal Liga Champions melawan Liverpool dan takluk di final Copa del Rey melawan Valencia.

Saat ini, Barca mengakhiri paruh pertama kampanye musim 2019/2020 sebagai pemimpin liga dengan poin sama seperti Real Madrid. Valverde juga sudah meloloskan Barca ke babak 16 besar Liga Champions. Tapi, akhir pekan lalu, ia dan pasukannya tersingkir dari Piala Super Spanyol setelah kalah 2-3 di semifinal melawan Atlético Madrid. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...