Fakta Tentang Pelatih Barca, Quique Setien: Selalu Memuji Messi

Quique Setien/FC Barcelona

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Quique Setién baru saja diumumkan sebagai pelatih baru FC Barcelona. Ia menandatangani kontrak berdurasi hingga 30 Juni 2022. Pengumuman itu disampaikan Barca di situs resmi mereka.

Selain kabar penunjukan sang pelatih, Barca juga merilis hal-hal terkait Setien yang dirangkum dalam 10 hal tentang penanggung jawab baru Camp Nou Tersebut. Salah satunya, kebiasaan Setien memuji Lionel Messi, kapten sekaligus superstar El Barca.

Berikut 10 hal tentang Setien dikutip dari situs resmi Barcelona: 1) Awal karier sepak bola Quique Setién adalah di sepak bola pantai, di mana ia bisa bermain dengan tim nasional.

2) Di Racing Santander, ia dikenal sebagai “El Maestro” dan merupakan salah satu idola klub karena waktunya di sana sebagai pemain. Dia bermain selama 12 musim di sana dalam dua periode, dan juga melatih tim Cantabria di musim 2001/02, dan promosi ke La Liga.

3) Setién adalah pelatih Cantabria ketiga dalam sejarah Barca, setelah Enrique Orizaola (1961) dan Laureano Ruiz (1976).

4) Setién menghadapi Barca 22 kali sebagai pemain, dengan rekor 5 kemenangan, 5 imbang dan 12 kekalahan. Melawan Barca ia mencetak dua gol. Sekali dalam pertandingan Barça v Logrones (2-1, musim liga 1990/91) dan juga dalam pertandingan liga Racing v Barça 1994/95 (5-0).

5) Sebagai pelatih, Setién melawan Barca tujuh kali, dengan catatan enam kekalahan dan satu kemenangan. Kemenangan itu special karena diraih Setie di Camp Nou, di liga musim 2018/2019.

6) Sebagai pelatih, ia telah menangani Racing Santander, Poli Ejido, Logroñés, Lugo, Las Palmas dan Betis. Selain itu, ia pernah menjabat sebagai pelatih Guinea Ekuatorial.

7) Dalam salah satu kunjungannya ke Camp Nou, Sergio Busquets memberinya kemeja yang ia tulis: “Untuk Quique dengan cinta dan kekaguman atas cara Anda memandang sepakbola. Semua yang terbaik.”

8) Setién telah melatih mantan pemain Barca Bartra, Kaptoum, Tello, Sanabria, Araujo, Halilovic dan Kevin-Prince Boateng, serta pemain Barca saat ini, Junior Firpo.

9) Pelatih Barca yang baru selalu memuji Barca dan Leo Messi, yang ia anggap sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah. Setién terakhir kali melakukannya setelah penampilan Messi di Benito Villamarín.

10) Salah satu hobi Quique Setién adalah catur dan dia bermain melawan mantan Juara Dunia Anatoli Karpov dan Gary Kasparov. (amr)

Komentar

Loading...