Pelatih Barca, Setien Dipecat Betis Mei 2019 Lalu Satu Jam Setelah Mengalahkan Madrid

Quique Setién/FC Barcelona

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona baru saja mengumumkan penunjukan Qiuque Setien sebagai pelatih baru mereka. Setien yang menggantikan Ernesto Valverde dikontrak hingga Juni 2022.

Sebelum ditunjuk sebagai pelatih Lionel Messi dan kawan-kawan, pekerjaan terakhir Setien adalah pelatih klub La Liga lainnya, Real Betis. Pelatih berusia 61 tahun itu menangani Betis dari 26 Mei 2017 hingga 19 Mei 2019.

Pria kelahiran 27 September 1958 itu mengakhiri kerjasamanya dengan Betis di akhir musim lalu. Ia dipecat hanya satu jam setelah memimpin Betis mengalahkan Real Madrid dengan skor 2-0 di laga tandang terakhir di Santiago Bernabeu.


Sebelum dipecat, Setien juga sempat mengalahkan Barcelona dan Atletico Madrid di musim yang sama. Prestasi itu sebagaimana dikutip dari Daily Mail menjadikannya sebagai manajer pertama yang mengalahkan Madrid dan Barcelona di laga tandang dalam satu musim.

Khusus Barcelona, Setien dan pasukannya dalam laga pada bulan November 2018 menang 4-3 di Camp Nou. Itu adalah satu-satunya kemenangan Setien atas Raksasa Catalan dalam tujuh pertemuannya sebagai pelatih dengan Blaugrana.

Setien dikenal menganut sepak bola menyerang. Itu salah satu alasan Barcelona merekrutnya. Ia juga dikenal sebagai pengagum berat kapten Barcelona, Lionel Messi. Dalam kariernya sebagai pemain, Setien yang berposisi sebagai gelandang sempat bermain untuk Atletico Madrid pada periode 1985 hingga 1988. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...