UIM Rencana Ubah Proses Pembelajaran Lebih Kekinian

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Universitas Islam Makassar (UIM) berencana mengubah konsep dan proses belajar mengajar dari tradisional dan konvensional ke konsep digital dan kekinian.

Hal ini diungkapkan Rektor UIM, Dr A Majdah M Zain MSi pada forum diskusi pekanan UIM Seru di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP UIM, Makassar, Selasa (14/1/2020).

“Kita ingin pembelajaran menyesuaikan era kekinian. Ruang kelas ditata model diskusi bukan lagi model kelas konvensional,” ujarnya.

Konsep ini, menurutnya, diharapkan menjadi jawaban kebutuhan proses belajar mahasiswa milenial yang membutuhkan kenyamanan dan tak formal.

“Dengan kondisi nyaman tersebut, sehingga mahasiswa bisa eksplore daya imajinasi. Dosen akan diwajibkan menyiapkan modul online/digital sehingga di kelas tinggal diskusi,” tambahnya.

Rencana ini seiring dengan Renstra (rencana strategis) 2035 UIM Kelas Dunia atau World Class University.

UIM Seru merupakan forum diskusi pekanan tiap Selasa yang diselenggarakan bergilir. Tiap pekan berganti fakultas sebagai tuan rumahnya.

Hadir sebagai peserta diskusi serius tapi santai itu para pimpinan universitas dan pimpinan unit kerja. Forum tersebut membicarakan dan mencarikan solusi masalah dan issu di lingkup UIM selama sepekan sebelumnya.

Lebih lanjut, bendahara ICMI Sulsel ini menjelaskan, pola promosi dan komunikasi pun akan meninggalkan cara offline tapi mulai tahun ini mengadopsi konsep digital marketing.

Sebelumnya, UIM telah menandatangani pelaksanaan layanan Smart Campus dengan Telkom dan Digital Library dengan Perpustakaan Nasional.

Pada kesempatan yang sama juga dibahas penataan dan kebersihan lingkungan kampus, seiring akan segera selesainya proses pembangunan tahap 1 gedung rektorat, perpustakaan, masjid dan ruang serbaguna Mei mendatang. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...