Harry dan Meghan Mundur dari Kerajaan, Ini Restu Ratu Elizabeth II

Dari kiri, Ratu Elizabeth II, Meghan Markle, dan Pangerang Harry, saat di balkon Istana Buckingham, 10 Juli 2018. Ratu Elizabeth II menyetujui permintaan Pangeran Harry dan Meghan mundur dari Kerajaan (Tolga AKMEN / AFP)

FAJAR.CO.ID, LONDON — Keluarga Kerajaan Inggris telah berkumpul untuk membahas keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk mundur dari lingkaran dalam kerajaan. Ratu Elizabeth II menyetujui permintaan pasangan bangsawan Sussex untuk tak lagi menunaikan tugas bangsawan secara penuh.

Pada Senin (13/1) waktu setempat, Ratu Elizabeth II mendukung keinginan pasangan muda itu untuk hidup mandiri. ’’Kami tentu lebih senang mereka menjadi anggota kerajaan sepenuhnya. Namun, kami tentu menghargai keinginan mereka untuk berbakti kepada kerajaan sambil hidup independen,’’ ungkapnya menurut BBC.

Menurut dia, Harry dan Meghan bakal melaksanakan rencananya untuk menjalani masa transisi. Artinya, mereka bakal membagi waktu untuk tinggal di Kanada dan Inggris selama 2020. Selama masa itu, kerajaan bakal mencari peran yang paling cocok.

’’Ini adalah permasalahan rumit. Tapi, saya yakin keputusan akhir bisa diumumkan dalam waktu dekat,’’ ungkapnya.

Menurut The Guardian, dalam pertemuan kerajaan, Harry harus mempertahankan argumen sendirian. Sebab, Meghan tak jadi mengikuti pertemuan tersebut via telepon. Menurut sumber internal, keluarga kerajaan takut ada yang meretas saluran telepon.

Ratu pun kembali menegaskan bahwa Harry tak akan menggunakan uang rakyat. Pekan lalu, Harry memaparkan bahwa dana sovereign grant alias alokasi negara untuk kerajaan hanya mencakup 5 persen dari total pengeluarannya. Sebagian besar dana operasional mereka datang dari jatah pendapatan aset Duchy of Cornwall milik Pangeran Charles.

Komentar

Loading...