Cegah Stres Saat Menstruasi, Baca Ini

0 Komentar

Cegah Stres Saat Menstruasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Perempuan yang haid rentan mengalami bau badan. Anda perlu lebih ekstra menjaga hati-hati utamanya mencegahnya dengan mengurangi stres berlebihan.

Spesialis Kulit dan Kelamin, Rumah Sakit Hikmah, dr Alwi Andi Mappiasse SpKK PhD FINSDV FAADV mengatakan, saat menstruasi, ada gangguan hormonal yang memengaruhi pengeluaran keringat di dalam tubuh, sehingga normal jika terjadi bau badan. Namun juga dapat dicegah.

Selain itu, pada wanita haid mungkin akan merasakan mood yang mudah terganggu, yang bisa memicu stres. Padahal, stres bisa menimbulkan bau badan akibat proses di dalam tubuh tidak berjalan dengan baik.

Apalagi bila saat haid mengonsumsi makanan yang memicu bau badan seperti daging merah dan rempah yang terlalu kuat akan membuat tubuh lebih banyak berkeringat, akhirnya menimbulkan bau badan. Minuman berkafein juga tidak dianjurkan diminum secara berlebihan, sebab bisa memicu keringat berlebihan yang akan berkompensasi pada munculnya bau badan.

Anda yang mengalami diabetes dan juga overweight akan lebih mudah bau badan. Untuk itu, mulailah mengatur pola diet yang tepat. Pada beberapa orang, jika penyebabnya karena genetik, maka mungkin akan sulit dihilangkan. “Hindari juga makan fast food, karena ini bisa menimbulkan bau badan,” terangnya.

Baca Juga: Jeruk Ampuh Hilangkan Bau Badan

Tak hanya memengaruhi badan, area miss v saat haid juga akan menimbulkan bau menyengat jika tidak dijaga dengan baik. Pastikan membersihkannya dengan rutin mengganti pembalut setidaknya empat kali sehari. Mandilah dengan bersih setidaknya dua kali sehari. Gunakan deodoran dengan kandungan antirespirant. Deodoran ini tak hanya mencegah bau, juga mencegah keringat berlebihan. (ind/dni)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...