Gempa Tak Berpotensi Tsunami, Bupati Selayar: Alhamdulillah, Belum Ada Info Kerusakan

Pusat gempa.

FAJAR.CO.ID, SELAYAR -- Gempa magnitudo 4,3 mengguncang Kabupaten Kepulauan Selayar. Peristiwa itu terjadi pada Kamis, 16 Januari 2020 pukul 16:35:23 Wita.

Berdasarkan hasil analisa Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar Darmawan menunjukkan, gempa bumi ini berkekuatan M=4.3.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.71 LS dan 120.61 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 Km Tenggara Kec. Bontomatene, Kab. Selayar, Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Selayar yang berdekatan dengan pusat episenter.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Benteng II-III MMI dan Bulukumba II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Oleh karena itu masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sementara itu, Bupati Selayar HM Basli Ali membenarkan adanya gempa bumi dan dirasakan oleh masyaralat. Namun hingga saat ini pihaknya belum mendapat informasi adanya kerusakam atas peristiwa ini.

"Ada masyarakat yang merasakan dan alhamduillah belum ada informasi kerusakan," tandasnya. (sir)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...