Pengangkut Sampah dengan Pengontrol Mikro, Lebih Efisien Dibanding Alat Berat

PENGANGKUT SAMPAH.Mahsiswa Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar,Muh Dzul saat memperlihatkan Alat pengangkut Sampah di saksikan dengan Dosen pembimbing dan Staf lainnya di kampusnya Jalan Perintis kemerdekaan. NURHADI/FAJAR

Alat dan konsepnya cukup simpel. Akan tetapi, efisien mengangkut sampah. Biaya pembuatannya juga lebih murah.

Laporan: EDWARD AS

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Perkembangan dunia teknologi tidak hanya seputar gawai saja. Juga menyentuh teknologi praktis dan tepat guna, seperti teknologi pengangkutan sampah.

Salah satu contohnya, teknologi yang dikembangkan oleh dua mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar, Rohandi dan Muh Dzul Jalali Syam Ahdyat.

Kedua mahasiswa ini membuat prototipe alat pengangkutan sampah di perairan berbasis pengontrol mikro. Alat ini mengusung konsep pengangkutan sampah secara otomatis dengan gabungan beberapa alat. Penggeraknya beberapa mesin.

Dua jaring ditempatkan pada bagian depan alat yang bersentuhan dengan aliran sungai. Jaring pertama digunakan sebagai penutup ketika jaring pertama sedang mengangkat sampah.

Setelah jaring kedua kembali pada posisi semula, jaring pertama secara otomatis terangkat. Tujuannya agar sampah kembali tertampung di jaring kedua.

Sampah yang terangkat oleh jaring kedua akan ditempatkan pada rel yang berjalan dan langsung dihubungkan dengan bak penampungan.

Ide awal dari penelitian ini adalah banyak sampah yang menumpuk di sungai atau di kanal. Dzul bersama temannya, Rohadi, kemudian mencari konsep untuk mengangkut sampah tanpa menggunakan banyak tenaga manusia. “Hasilnya bagus,” kata Muh Dzul Jalali Syam Ahdyat, Selasa 14 Januari.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...