Inilah Alasan Xavi Hernandez Tolak Latih Messi Cs

Xavi Hernadez/EPA

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Xavi Hernandez melewatkan kesempatan langka untuk menjadi pelatih Barcelona. Ia mengakui bahwa dia ditawari pekerjaan tersebut namun menolaknya. Alasan sang legenda menolak tawaran melatih Lionel Messi dan kawan-kawan karena menganggap saat ini memang belum waktunya.

Mantan kapten Barcelona itu saat ini adalah manajer klub sepak bola Qatar, Al Sadd. Ia mengambil alih tugas kepelatihan Mei lalu. Di klub pertamanya selaku manajer itu, Xavi memiliki kontrak hingga musim panas 2021.

Sebelum penunjukan Qiuque Setien, Xavi mengungkapkan bahwa Direktur Olahraga Barca, Eric Abidal dan CEO Oscar Grau menemuinya di Qatar pada Jumat. Saat itu, mereka mengajukan tawaran posisi pelatih kepada Xavi.

Namun, Xavi menolaknya. Menurut Xavi, melatih Barcelona saat ini terlalu cepat baginya. Kendati demikian, Xavi yang bermain 767 kali untuk raksasa Catalan antara 1998 dan 2015 menegaskan ia bukan tidak mau melatih di Camp Nou. Tapi, ia baru ingin jabatan itu beberapa tahun ke depan.

“Ya, saya menerima tawaran dari Barcelona dalam pertemuan dengan Eric Abidal dan Òscar Grau tetapi saya tidak menerimanya, terutama karena terlalu dini untuk melatih Barcelona tetapi itu akan tetap menjadi impian saya di masa depan untuk menjadi pelatih Barca,” tegas Xavi dikutip oleh El Mundo Deportivo.

Selain terlalu dini, Xavi memutuskan menolak pinangan Barcelona karena masukan beberapa pihak. “Pertama saya memberi tahu keluarga saya dan kemudian para pemain Al Sadd karena mereka mengikuti masalah ini. Selama tiga hari saya tidak dalam posisi terbaik saya tetapi sekarang saya benar-benar fokus pada Al Sadd,” bebernya.

Xavi sendiri menyebut Setien sosok yang tepat untuk melanjutkan pekerjaan Ernesto Valverde. Makanya, ia mendoakan Setien sukses di Camp Nou. “Saya suka pelatih baru Barcelona, ​​saya suka caranya bekerja dan saya berharap dia berhasil dengan tim,” ujar Xavi.

Dikutip dari Football Espana, Selain Xavi yang memenangkan delapan gelar La Liga dan empat trofi Liga Champions dalam total 25 gelar bersama Barca, Pelatih Timnas Belanda,  Ronald Koeman juga dilaporkan menolak pendekatan dari klub. Seperti halnya Xavi, Koeman juga merupakan mantan pemain Raksasa Catalan. (amr)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar