Minum Rebusan Jahe, Ini 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Ilustrasi rebusan jahe (Istimewa)

FAJAR.CO.ID — Jahe adalah rempah multifungsi. Selain sebagai bumbu dapur, jahe juga berkhasiat untuk kesehatan. Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih praktis, jahe bubuk bisa menjadi pilihan.

Bubuk jahe kering juga bisa dibuat sendiri. Dengan warna kecoklatan dan putih, bubuk jahe memiliki aroma kuat dan rasa pedas.

Dilansir dari Times Of India, Jumat (17/1), Ahli Nutrisi dan Olahraga di India, Rujuta Diwekar, menyebutkan bagaimana jahe atau jahe bubuk dapat memberi manfaat untuk kesehatan.

Jahe bubuk bisa dibuat sendiri. Ambil jahe segar dan cuci dengan benar. Potong menjadi potongan-potongan kecil. Lalu jemur dan keringkan di bawah sinar matahari atau dengan oven. Setelah jahe benar-benar kering, giling menjadi bubuk halus dalam mixer lalu saring. Bubuk jahe bisa dibuat menjadi beberapa resep dan dengan manfaat yang berbeda.

Pereda Nyeri

Rebusan air jahe bubuk bisa anti-nyeri. Jahe memiliki banyak molekul bioaktif yang memainkan berbagai peran. Jahe memiliki nilai antioksidan tinggi, membantu aksi trypsin dan lipase (enzim yang diperlukan untuk memecah protein dan lemak), dan bertindak sebagai analgesik yang meredakan rasa sakit.

Membakar Lemak

Jika ingin lebih manis, jahe dan gula jawa juga menyehatkan untuk diminum. Salah satunya bisa membantu membakar lemak usai makan siang.

Komentar

Loading...