Preview Manchester City vs Crystal Palace: Kutukan Ulang Tahun

David Silva berlatih bersama Manchester City/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Manchester City akan menjamu klub London, Crystal Palace di pekan ke-23 Premier League, malam ini. Sang manajer, Pep Guardiola berharap pesta ganda pasca pertandingan ini.

SABTU, 18 Januari ini memang menjadi hari yang spesial bagi sang pelatih. Pada tanggal yang sama 49 tahun lalu, Pep Guardiola dilahirkan di Santpedor, Spanyol. Dan di hari ulang tahunnya ini, kemenangan tentu akan menjadi kado istimewa bagi Pep.

Tapi The Citizens jelas harus bekerja keras. Selain musim lalu Crystal Palace bisa mempermalukan City di Etihad, juga ada kutukan pelatih tuan rumah ketika mereka memimpin timnya saat ultah.

Dikutip dari situs resmi Premier League, tidak satu pun dari empat manajer City yang berhasil memenangkan pertandingan mereka saat sedang berulangtahun. Kutukan ultah itu menimpa Brian Horton pada 1995, Joe Royle di 2001, dan Mark Hughes pada 2009.

Roberto Mancini bahkan melewatkan dua kesempatan merayakan ulang tahunnya dengan kemenangan. Pada 2011 dan 2012, City bersama Mancini hanya bisa meraih hasil imbang 1-1 menghadapi Stoke City dan Liverpool.

Namun, Pep Guardiola juga bisa diyakinkan oleh fakta bahwa ia sebelumnya tidak pernah menelan kekalahan kandang di liga secara berturut-turut melawan lawan yang sama. Apalagi, mereka punya modal kemenangan 6-1 atas Aston Villa, pekan lalu.

Pep sendiri tampaknya cukup percaya diri tidak akan terganggu hantu ultah manajer pendahulunya. “Sekarang kami berada di urutan kedua dan kami akan mencoba dan mempertahankan posisi ini hingga akhir musim,” tegas Pep di situs resmi klub.

Tidak seperti beberapa laga sebelumnya, Pep kini sudah bisa menurunkan tim yang jauh lebih bugar. Itu setelah mereka mendapat waktu istirahat enam hari. Sebelumnya, manajer asal Spanyol itu mengeluhkan padatnya jadwal.

Bagi Pep, semua klub membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk melakoni pertandingan. “Saya tidak hanya berbicara tentang Manchester City, Anda melihat tim dan mereka selalu berjuang untuk menjaga ritme,” jelasnya di Manchester Evening News.

Memiliki reputasi bagus dalam laga tandang dengan mengalahkan City, dan imbang kontra Arsenal serta Manchester United musim lalu, Manajer Palace, Roy Hodgson tak ingin tim asuhannya minder di Etihad. Menurutnya, mereka sudah membuktikan diri mampu menang saat away dan bukan mustahil mengulanginya lagi.

“Kami pernah menang di sana. Tampaknya seperti seumur hidup, tetapi kami memang memenangkan pertandingan di sana. Mereka mengalahkan kami di kandang (musim ini), jadi pada kesempatan ini kami berusaha menghindari dua kekalahan,” tegas Hodgson dikutip dari Independent.

Tuan rumah masih tanpa Leroy Sane dan Lapor Aymeric di pertandingan ini. Sementara tim tamu dipastikan kehilangan Mamadou Sakho, Joel Ward, Jeffrey Schlupp, Scott Dann, Andros Townsend, Max Meyer, Patrick van Aanholt, serta Luka Milivojevic. Selain itu, Christian Benteke diragukan juga bisa bermain. (amr)

Prakiraan Pemain

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...