Sukseskan Gratieks Hortikultura, Kementan Kumpulkan Eksportir


FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) optimis program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) bisa tercapai. Pasalnya potensi sektor produk pertanian termasuk hortikultura sangat besar, baik dari sisi produksi maupun peluang pasar ekspor.

Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) yang menjadi program utama Menteri Pertanian telah dirumuskan melalui langkah strategis secara holistik dari hulu sampai hilir dalam pembangunan sektor pertanian.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto saat Rapat Koordinasi Gratiek di Aula Direktorat Jenderal Hortikultura, Rabu (14/1).

Pada sisi on farm (hulu), telah dan sedang dikembangkan kawasan-kawasan sentra produksi di beberapa wilayah di Indonesia untuk beberapa produk hortikultura unggulan dengan varietas yang seragam. Dalam mendorong pengembangan kawasan ini , kita bersinergi dengan pelaku usaha hortikultura yang didukung anggaran pemerintah.

“Misalnya masalah serta kendala yang dihadapi oleh eksportir,” ujar dia.

Anton memaparkan secara garis besar, prioritas yang akan dikerjakan adalah membantu pelaku usaha mengatasi kendala yang dihadapi eksportir. Kendala tersebut berada pada tingkat hulu, tengah, hilir. Pada tingkat hulu, kontinuitas ketersediaan produk hortikultura dari petani menjadi kendala ekpsortir untuk memenuhi permintaan.

“Kemudian, keberadaan packing house di setiap kawasan sentra masih dirasa kurang. Oleh karena itu, dibutuhkan program dari hulu ke hilir yang terintergrasi,” jelas dia.

Komentar

Loading...