Daftar Jalur Perseorangan, Danny Pomanto Gandeng Maqbul Halim

Senin, 20 Januari 2020 13:18

danny pomanto dan maqbul halim foto: radarmakassar

FAJAR. CO. ID, MAKASSAR- Moh Ramdhan Pomanto resmi mendaftarkan diri sebagai peserta calon Pemilihan Wali kota Makasar 2020 melalui jalur perseorangan atau calon independen, Sabtu, 18 Januari 2020.

Danny sapaan karibnya didaftarkan oleh tim suksesnya yakni Rizal. Komisioner KPU Makassar Gunawan yang menerimanya. Dalam surat yang didaftarkan nama Maqbul Halim sebagai bakal calon wakilnya.

Langkah yang ditempuh Danny ikut ditanggapi Pengamat Politik Unismuh Makassar, Andi Luhur Priyanto.

Ia mengatakan, jalur perseorangan bukan menjadi pilihan bagi kandidat yang gagal dalam perebutan kendaraan partai politik.

“Jalur perseorangan pilihan bagi kandidat yang tidak cukup percaya diri berkompetisi merebut dukungan partai politik. Terutama di era “begal” partai politik dan pelibatan elite politik nasional di penentuan arah dukungan partai. Jalur ini bisa menjadi cara terbaik untuk mendelegitimasi otoritas sentralistik yang ada pada partai politik,” katanya.

Menurutnya persyaratan di jalur perseorangan cukup berat. Sangat sedikit yang lolos dalam verifikasi penyelenggara. “Risiko elektoralnya lumayan berat, karena berhadapan kandidat yang di usung partai politik, yang memiliki infrastruktur politik,” ujarnya.

Bagikan berita ini:
1
8
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar