Gelar Pangeran Harry dan Meghan Markle Dicopot

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, LONDON– Sebagai konsekuensi keputusan mundur dari kerajaan, Pangeran Harry dan Meghan Markle, harus rela tidak lagi menyandang gelar kehormatan kerajaan. Awalnya di depan nama mereka, terdapat gelar kerajaan yakni gelar Yang Mulia (HRH/His or Her Royal Highneds). Gelar itu akan resmi dicopot berlaku pada musim semi mendatang.

Dilansir dari CNN, Senin (20/1), sejak pernikahan mereka berdua, Meghan Markle menerima gelar Yang Mulia (HRH) The Duchess of Sussex setelah menikah pada Mei 2018. Sedangkan gelar penuh Pangeran Harry adalah Yang Mulia Duke of Sussex, Earl of Dumbarton, dan Baron Kilkeel.

Tetapi pasangan itu tidak akan lagi menggunakan gelar Yang Mulia dan Yang Mulia setelah mengumumkan bahwa mereka akan mundur dari peran mereka sebagai anggota senior keluarga kerajaan. Sebelumnya hal serupa juga terjadi pada ibunda Harry, Putri Diana (Lady Diana) setelah perceraiannya dengan Pangeran Charles. Mendiang Diana meletakkan gelar HRH-nya, dan dia hanya diberi gelar Diana, Putri Wales.

Ketika itu, gelar sang Putri Diana dicopot dari gelar HRH-nya pada 1996. Saat itu dilakukan setelah perceraiannya dengan Pangeran Charles. Setelah bercerai, Diana hanya dikenal sebagai Diana, Putri Wales. Sebelumnya dia secara resmi disebut sebagai Lady Diana Spencer, dan secara tidak resmi Lady Di atau Putri Rakyat.

Demikian pula, Sarah Ferguson, Duchess of York yang juga kehilangan gelar HRH setelah perceraiannya dengan Pangeran Andrew. Tetapi situasi untuk Harry dan Meghan memang berbeda. Gelar dicopot karena keputusan mereka sendiri atau pilihan mereka sendiri.

Perubahan ini akan berlaku di musim semi, ketika Harry dan Meghan akan berhenti menggunakan gelar HRH. Situasinya kemudian akan ditinjau setahun kemudian.

Pengumuman tanpa gelar ini tidak berarti bahwa pasangan itu tidak akan lagi bergerak di lingkaran Kerajaan. Pangeran Harry masih akan bisa terlihat di beberapa bagian acara di luar Kerajaan.

Ada juga pertanyaan yang perlu dijawab tentang bagaimana langkah Pangeran Harry akan memengaruhi pekerjaan atau tugas Pangeran Charles dan Pangeran William. Masih belum jelas apakah tugas kerajaan Harry akan dibagi antara Charles dan William, atau apakah kepergian Harry akan secara efektif mengurangi jumlah pekerjaan yang dilakukan keluarga kerajaan.

Perlu diketahui, Harry dan Meghan akan menghabiskan lebih banyak waktu mereka di Amerika Utara dan tidak akan melaksanakan tugas kerajaan sejak Musim Semi nanti. Pangeran Charles disebut masih akan memberi uang kepada pasangan itu dari Kadipaten Cornwall, meskipun tidak jelas berapa banyak jumlahnya. (jpc/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...