Gelar Pangeran Harry dan Meghan Markle Dicopot

FAJAR.CO.ID, LONDON-- Sebagai konsekuensi keputusan mundur dari kerajaan, Pangeran Harry dan Meghan Markle, harus rela tidak lagi menyandang gelar kehormatan kerajaan. Awalnya di depan nama mereka, terdapat gelar kerajaan yakni gelar Yang Mulia (HRH/His or Her Royal Highneds). Gelar itu akan resmi dicopot berlaku pada musim semi mendatang.

Dilansir dari CNN, Senin (20/1), sejak pernikahan mereka berdua, Meghan Markle menerima gelar Yang Mulia (HRH) The Duchess of Sussex setelah menikah pada Mei 2018. Sedangkan gelar penuh Pangeran Harry adalah Yang Mulia Duke of Sussex, Earl of Dumbarton, dan Baron Kilkeel.

Tetapi pasangan itu tidak akan lagi menggunakan gelar Yang Mulia dan Yang Mulia setelah mengumumkan bahwa mereka akan mundur dari peran mereka sebagai anggota senior keluarga kerajaan. Sebelumnya hal serupa juga terjadi pada ibunda Harry, Putri Diana (Lady Diana) setelah perceraiannya dengan Pangeran Charles. Mendiang Diana meletakkan gelar HRH-nya, dan dia hanya diberi gelar Diana, Putri Wales.

Ketika itu, gelar sang Putri Diana dicopot dari gelar HRH-nya pada 1996. Saat itu dilakukan setelah perceraiannya dengan Pangeran Charles. Setelah bercerai, Diana hanya dikenal sebagai Diana, Putri Wales. Sebelumnya dia secara resmi disebut sebagai Lady Diana Spencer, dan secara tidak resmi Lady Di atau Putri Rakyat.

Demikian pula, Sarah Ferguson, Duchess of York yang juga kehilangan gelar HRH setelah perceraiannya dengan Pangeran Andrew. Tetapi situasi untuk Harry dan Meghan memang berbeda. Gelar dicopot karena keputusan mereka sendiri atau pilihan mereka sendiri.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...