Diteliti 5 Tahun, Jagung Varietas NA1 dan NA2 Dilaunching Nurdin Abdullah


FAJAR.CO.ID, SOPPENG- Hasil persilangan jagung Monalisa dengan jagung hibrida Jepang menghasilkan dua galur bibit unggul. Benih ini dilaunching di Bulue, Soppeng.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel, Fitriani mengatakan varietas baru NA1 dan NA2 berhasil setelah penelitian cukup panjang. Kata dia, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat itu masih menjabat sebagai Bupati Bantaeng. Kemudian diteliti di Bantaeng.

“Beliau suka jagung Jepang. Kemudian membawa benih dan menantang dilakukan persilangan untuk mendapat bibit yang sesuai dengan iklim lokal,” ungkapnya, Selasa, (21/01/2020).

Kata Fitriani, NA1 dan NA2 disematkan sesuai akronim nama Gubernur, Nurdin Abdullah. Menurutnya, varietas ini sementara proses legalitas untuk bisa dilakukan pengedaran benih secara komersial.

“Insyaallah akan terlaksana tahun ini. Persilangan ini juga berkat peran Pak Muhammad Azrai, Kepala Balit Sereal Maros,” jelasnya.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengatakan jagung Jepang memang berkualitas. Dia memuji perjuangan panjang para peneliti setelah 5 tahun akhirnya didapatkan benih persilangan.

“Saya sangat suka itu jagung Jepang makanya saya tantang. Dan bersyukur bisa berhasil. Jadi bibit ini murni saya bawa dari Jepang kemudian dilakukan persilangan,” tuturnya. (fik/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...