Supriansa: Ada Pengusaha Makassar Investasi Rp70 Miliar di Jiwasraya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Polemik PT Asuransi Jiwasraya hingga merugikan negara bermula dari kesalahan mengelola investasi. Salah satunya lantaran perusahaan berinvestasi di saham gorengan.

Ada hal yang paling mengherankan dari portofolio investasi Jiwasraya. BUMN ini berinvestasi pada perusahaan penjual ikan arwana yang tercatat di pasar modal.

Salah seorang pengusaha kaya asal Makassar juga menanam modalnya di Jiawasraya senilai Rp70 miliar dan nasib investasinya kini tak jelas.

Hal itu diungkapkan Supriansa saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Jaksa Agung Senin 20 Januari 2020 kemarin. Dalam RDP tersebut, Supriansa mengusulkan agar DPR segera membentuk panja dalam rangka untuk saling menguatkan dengan Kejagung dalam mengungkap masalah yang melilit Jiwasraya. DPR harus mengambil peran untuk membantu penyelesaian uang nasabah. Termasuk modal para investor. Jadi selain dana nasabah, dana investor juga perlu dipikirkan.

“Hal seperti ini tidak bisa di biarkan. Masa orang lain yang membawa kabur uang rakyat tapi negara yang selalu harus bertanggungjawab,” katanya sembari menyentil Bail Out Bank Century tahun 2008 yang ditaksir merugikan keuangan negara sebesar Rp6,7 triliun.

Supriansa juga meminta pengawasan berlapis oleh berbagai lembaga pengawas seperti OJK, harusnya bisa mencegah kasus ini. OJK memiliki kewenangan besar mengawasi lembaga keuangan.

“Saya tidak bermaksud menyalahkan OJK tapi saya hanya mempertanyakan peran OJK dalam memeriksa laporan berkala perusahaan asuransi sebagaimana di amanahkan dalam peraturan OJK No 55/2017,” katanya. (aci)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...