Ingin Olahraga Jadi Gaya Hidup, Menpora Minta FORMI Jadi Ujung Tombak

0 Komentar

Foto: IST

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali melantik pengurus Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (FORMI) di Gedung Kemenpora RI, Jakarta,  Selasa, 21 Januari kemarin. Pelantikan dihadiri Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Ketua KONI, Marciano Norman, dan sejumlah tokoh olahraga nasional.

Berdasarkan Musyawarah Nasional FORMI ke-4 di Samarinda, Kalimantan Timur, November tahun lalu, Hayono Isman kembali terpilih menjadi ketua umum untuk periode 2019-2024. Hayono bersama 87 pengurus nasional resmi memulai tugasnya memimpin organisasi yang membawahi 67 induk cabang olahraga ini.

Dalam sambutannya, Zainuddin Amali mengatakan dirinya menaruh harapan besar kepada FORMI untuk membantu Kemenpora memasyarakatkan olahraga. Sebab bagi dia, olahraga sangat penting untuk membantu merealisasikan program prioritas pemerintah ‘SDM unggul Indonesia Maju’.

“Kalau masyarakat kita berolahraga apa saja, mau bergerak, mau melaksanakan gerakan fisik, dia akan sehat dan bugar. Hidupnya  akan bahagia,” ujarnya.

Dia meminta FORMI bersinergi dengan pemerintah dalam menyukseskan program di bidang kepemudaan dan olahraga. Pemerintah menurut dia tidak akan bisa bergerak mulus dan cepat jika tidak mendapat dukungan dari masyarakat dan ormas keolahragaan.

 “Karena kalau olahraga sudah menjadi gaya hidup, semoga masyarakat kita  menjadi sehat dan bugar. FORMI menjadi ujung tombak kita untuk mengenalkan dan membina olahraga di masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Hayono menuturkan rasa terimakasih kepada Kemenpora karena telah memberikan dukungan kepada FORMI. Hayono menyebut dukungan itu tak hanya kepada FORMI, tapi kepada 67 induk olahraga yang berhimpun di bawah organisasi yang ia pimpin.

Hayono menuturkan, 67 induk itu merupakan ujung tombak olahraga rekreasi. Tentu, dengan adanya dukungan Kemenpora maka program pemerintah pusat ‘SDM Unggul Indonesia Maju’ bisa terlaksana dengan baik.

67 induk olahraga rekreasi itu terbagi menjadi tiga bagian yakni olahraga tradisional dan kebudayaan serta olahraga kesehatan dan kebugaran. Sementara anak-anak muda yang bergabung di FORMI berhimpun di olahraga petualangan dan tantangan.

 “Inilah ujung tombak dari olahrekreasi yang siap bekerja sama dengan pemerintah untuk mewujudkan program bapak presiden untuk membangun manusia unggul menuju Indonesia maju,” ujar dia sembari meneriakan yel-yel ‘Olahraga Murah, Sakit Mahal’. (rls/amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...