Preview Juventus vs AS Roma: Penjinak Serigala

Paulo Dybala/AFP/Getty Images

FAJAR.CO.ID, TURIN—Juventus mengincar tiket semifinal Coppa Italia saat menjamu AS Roma, dinihari nanti. Masuk akal jika melihat bagaimana rekor pertemuan kedua klub di Kota Turin.

Allianz Stadium memang menjadi stadion paling angker dan kandang penjinak bagi Serigala Ibu Kota dalam beberapa tahun terakhir. Dalam sembilan kunjungan terakhir Roma di semua kompetisi, tuan rumah selalu menjadi pemenang di akhir pertandingan.

Dan Si Nyonya Tua semakin berada di atas angin jika melihat bagaimana torehan mereka di Coppa Italia. Dikutip dari Whoschored, Juventus memenangkan delapan dari sembilan pertandingan terakhir mereka dan mencatatkan delapan clean sheet di kompetisi ini.

Untuk kembali menjinakkan Serigala Ibu Kota, Paulo Dybala diprediksi akan menjadi pilihan utama Maurizio Sarri di lini serang. Ia bisa bermain bersama Gonzalo Higuain seperti saat Juve menyingkirkan Udinese di babak 16 besar lalu.

Ketika menggasak Udinese empat gol tanpa balas, Dybala tampil begitu luar biasa dengan mencetak dua gol dan memberi satu assist. Sementara di pertandingan terakhir kontra Parma, ia memberi assist untuk gol kemenangan yang dicetak Cristiano Ronaldo.

Dybala sendiri saat ini sangat termotivasi untuk terus bermain dan membantu Juventus memenangkan pertandingan. Dalam wawancara terbarunya awal pekan ini, striker kidal Argentina itu menegaskan mimpinya membantu Juve meraih gelar.

“Seorang pemain selalu bermimpi untuk tiba di klub seperti ini. Adalah mimpi untuk bisa memakai warna-warna ini dan memenangkan gelar untuk kami dan untuk para penggemar. Saya juga bermimpi untuk memenangkan sesuatu yang penting di level pribadi dengan klub ini,” kata Dybala di Football Italia.

Sarri sementara itu cukup rileks menyongsong pertandingan ini. Setelah rentetan hasil bagus di beberapa laga terakhir, eks pelatih Chelsea itu menganggap timnya sudah di jalur yang benar. “Secara umum kami melakukannya dengan baik musim ini,” ujarnya di DAZN.

Yang jadi pekerjaan rumah Sarri hanya penampilan timnya yang cenderung menurun ketika pertandingan memasuki menit-menit akhir. “Kita dapat meningkatkan cara kita membaca permainan, terutama di tahap akhir,” jelas mantan bankir tersebut.

Di kubu Roma, setelah kembali ke jalur kemenangan dengan mengalahkan Genoa, akhir pekan lalu, pelatih Paulo Fonseca datang ke Turin dengan misi balas dendam usai timnya ditaklukkan di Olimpico 12 Januari lalu. Makanya, ia meminta anak asuhnya fokus dan tidak memikirkan derby ibu kota, akhir pekan nanti.

“Saya tahu derby adalah permainan khusus untuk semua orang. Kami ingin memenangkan derby itu, tetapi menghadapi Juventus di Coppa Italia juga merupakan permainan dimana kami ingin sukses,” tegasnya di Sky Sports Italia.

Sebelum menang atas Genoa, Roma menelan dua kekalahan beruntun awal tahun ini. Selain Juve, mereka juga ditekuk Torino. Namun, menurut pelatih berpaspor Portugal itu, dirinya sama sekali tidak ragu dengan kualitas permainan yang ditunjukkan anak asuhnya.

“Kami sadar apa yang terjadi melawan Torino dan Juventus. Kami kalah, tapi kami berhasil bermain dengan baik. Tidak ada alasan untuk tidak percaya diri dari dua pertandingan itu. Tim dalam kondisi baik dan saya pikir kami pantas mengambil kemenangan tandang (melawan Genoa),” ujarnya.

Seperti Juve yang kemungkinan kembali mengandalkan Dybala dan Higuain, Roma juga punya senjata mematikan, yakni Lorenzo Pellegrini. Saat menyingkirkan Parma di babak sebelumnya, pemain 23 tahun Italia itu mencetak dua gol Roma.

Tak hanya gol, Fonseca juga bisa mengharapkan assist sang gelandang. Dari 18 laga musim ini, Pellegrini total sudah memberi tujuh assist bagi rekannya. “Pellegrini memiliki kualitas dan pemain dengan assist terbanyak di tim kami,” jelasnya.

Giallorossi, julukan Roma tidak punya masalah cedera baru dan hanya Nicolo Zaniolo, Diego Perotti, Javier Pastore, Henrikh Mkhitaryan dan Davide Zappacosta yang diprediksi absen karena cedera. Sementara di kubu Juve, selain Merih Demiral, Giorgio Chiellini, Mattia De Sciglio, dan Sami Khedira, bek kiri, Alex Sandro juga dipastikan tidak bisa bermain. (amr)

Prakiraan Pemain

KONTEN BERSPONSOR

Komentar