Preview Manchester United vs Burnley: Butuh Mata

Ole Gunnar Solskjaer memimpin latihan Manchester United / Matthew Peters/Manchester United via Getty Images

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Manchester United tak ingin kehilangan angka di Old Trafford saat menjamu Burnley di pekan ke-24 Premier League, dinihari nanti. Mereka butuh kecerdasan Juan Mata untuk mencapai target ini.

Dengan absennya Marcus Rashford dan pengatur permainan seperti Paul Pogba dan Scott McTominay, Ole Gunnar Solskjaer memang perlu sosok jenius berkarakter pemimpin di lapangan. Dan Mata sepertinya figur yang paling tepat untuk peran ini.

Memulai laga kontra Liverpool dari bangku cadangan, playmaker berusia 31 tahun itu juga dalam kondisi bugar menjelang laga ini. Dan dalam formasi 4-2-3-1, Solskjaer bisa memainkan Mata bersama Mason Greenwood dan Daniel James di belakang ujung tombak mereka, Athony Martial.

Setelah kalah 0-2 di markas Liverpool, pertandingan ini sangat penting bagi MU. Pasalnya, persaingan membuntuti Chelsea yang ada di posisi keempat semakin ketat. MU yang kini di peringkat kelima dengan 34 poin mengoleksi angka sama seperti Wolverhampton Wanderers.

Selain itu, Sheffiel United dan Tottenham Hotspur juga terus mengekor di belakang mereka dengan hanya selisih satu serta tiga angka. Dua klub London lainnya; Crystal Palace dan Arsenal juga masih sangat berpeluang merangsek ke atas.

“Mari kita fokus pada laga yang berikutnya, Burnley di kandang. Kita harus mendapatkan tiga poin untuk terus berjuang untuk tempat keempat untuk Liga Champions,” tegas gelandang MU, Nemanja Matic di situs resmi klub.

Pemain timnas Serbia itu mengklaim timnya tampil bagus di Anfield dan hasil mengecewakan itu mesti mereka bayar di Teater Impian. “Kami akan terus melakukan pekerjaan kami. (Melawan Burnley) kami memiliki kesempatan menunjukkan bahwa kami lebih baik dari (hasil di Liverpool) ini,” tandasnya.

Solskjaer mengakui, masalah cedera sangat mengganggu MU musim ini. Yang paling mengkhawatirkan dia adalah Rashford. “Dia tidak akan kembali sampai setelah jeda pertengahan musim. Saya tidak tahu berapa lama, saya bukan seorang dokter tetapi biasanya fraktur stres perlu enam minggu untuk sembuh dan setelah itu pemulihan atau rehabilitasi,” ujarnya.

Rashford sendiri mencoba meyakinkan fans mereka bahwa ia akan selalu bersama tim. Menggunakan akun media sosial resminya, ia mengirim pesan positif kepada pendukung MU. “Aku akan terlibat dalam pertemuan tim dan sesi tim selama pemulihan ini. Aku akan kembali, lebih bugar dari sebelumnya,” tulisnya.

Di kubu Burnley yang dipastikan tanpa Ashley Barnes dan Johann Gudmundsson, mereka sangat bersemangat datang ke Old Trafford setelah kemenangan atas Leicester City. Dalam laga di Turf Moor itu, The Clarets menang 2-1 berkat gol babak kedua dari Harvey Barnes dan Ashley Westwood.

Kemenangan itu mengangkat Burnley ke urutan 14 klasemen dan manajer Sean Dyche percaya itu memotivasi mereka bekerja lebih baik. “Ada tanda besar untuk bergerak maju dengan kinerja itu. Kami tahu apa yang kami lakukan,” tegasnya di situs Burnley.

Optimisme sama dilontarkan Westwood usai timnya mengakhiri empat kekalahan beruntun. “Kami memiliki dua pertandingan besar lagi. Kami ingin terus maju. Kami tidak seperti yang kami inginkan selama Natal tetapi kami bangkit kembali dengan kemenangan besar,” ujarnya.

Burnley cukup merepotkan United di Old Trafford belakangan ini. Dalam tiga kunjungan terakhir di semua kompetisi, Burnley selalu meraih hasil imbang. Tapi, di pertemuan terakhir di Turf Moor putaran pertama lalu, MU menang 2-0 lewat gol Rashford dan Martial. Itu jelas memberi kepercayaan diri tinggi bagi pemain MU untuk kembali menggasak Burnley. (amr)

Prakiraan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Bissaka; Maguire, Lindelof, Willian; Fred, Matic; Greenwood, Mata, James; Martial

Burnley: Pope; Bardsley, Tarkowski, Mee, Taylor; Hendrick, Wetswood, Cork, McNeil; Rodriguez, Wood

Head to head

Komentar

Loading...