BTN Makassar Siap Salurkan 600 Kuota FLPP

0 Komentar

FOTO: ABADI TAMRIN/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bank BTN KC Makassar telah siap menyalurkan KPR subsidi skema FLPP. Ada 600 kuota yang disiapkan awal tahun ini.

Saat ini, pengembang masih harap-harap cemas menunggu berkas permohonan kredit bisa segera akad. Jelang tutup Januari ini belum ada yang bisa akad, karena menunggu approve di aplikasi digital, Sikasep dan Sikumbang oleh Kementerian PUPR yang mengakomodasi langsung se-nusantara

Memang butuh proses. Karena input datanya di Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) dan Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) ini harus dipastikan benar. Salah sedikit akan ter-cancel dan tidak bisa di perbaiki (diedit) sendiri. Satu-satunya solusinya adalah melalui layanan hotline ke Kementerian PUPR.

“Memang butuh waktu dan tidak bisa manual. Tetapi saat semua sudah ter-approve di SiKasep dan SiKumbang langsung bisa akad saat ini juga. Tahap pertama ini kita diberikan 600 kuota,” kata Branch Manager Bank BTN KC Makassar, Fauziah Yusri saat sosialisasi program bersama Apersi di Hotel Claro, Kamis (23/1/2020).

Ya, pada kesempatan ini Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Sulsel mengundang Bank BTN untuk mensinergikan program Bank BTN dan program Apersi tahun 2020 ini. Tak terkecuali KPR Konvensional yang ada di Bank BTN.

“Dalam waktu depat BP2BT juga segera turun. Jadi semoga stock 2019 yang sempat tertunda kemarin bisa segera cepat tersalurkan,” harapnya.

Sekretaris Apersi Sulsel, Akbar Yusuf mengatakan, saat ini Apersi Sulsel punya stock 9.700 unit yang siap akad. Diharapkan ini bisa segera tersalur. Sebab, melalui Kepmen PUPR Nomor 535/KPTS/M/2019 telah mengatur harga baru 2020 ini.

Dari Rp 146 juta naik menjadi Rp 156,5 juta di Sulawesi. Hanya saja, harga baru ini akan berlaku khusus pembangunan di 2020 ini. “Sebaiknya bisa secepatnya akad. Agar tidak terjadi tumpang tindih stock 2019 dengan pembangunan di 2020 ini,” imbuhnya.

Untuk pembangunan, rata-rata pengembang membutuhkan waktu tiga bulan. Sehingga per-Maret nanti diharapkan stock 2019 sudah habis semua. (tam)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...