Ingin Otak Sehat dan Tidak Pikun, Konsumsi 8 Makanan Ini

FAJAR.CO.ID-- Semakin tua seseorang, semakin lama juga cara kerja otak dalam berpikir. Namun, Anda tak perlu khawatir berlebihan.

Sebab, pikiran yang lemot dapat dicegah dengan makan makanan bergizi. Ada beberapa makanan yang mengandung nutrisi baik agar otak Anda tetap cemerlang.

Makanan yang baik untuk kesehatan otak

Sebagai pusat kendali tubuh, otak bertugas menjaga jantung berdetak teratur, badan bergerak lincah, merasakan suatu emosi, bahkan sampai berpikir memecahkan masalah.

Itu sebabnya penting untuk menjaga otak tetap dalam kondisi prima. Untuk menjaga kesehatan otak, Anda butuh makanan bernutrisi.

Ikan

Ketika orang berbicara tentang nutrisi untuk otak, ikan sering berada dalam makanan urutan teratas. Ikan yang bernutrisi baik umumnya mengandung lemak baik atau tak jenuh.

Jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi biasanya berupa ikan salmon dan sarden. Ikan tersebut merupakan sumber nutrisi asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan otak.

Pasalnya, sekitar 60 persen otak Anda terbuat dari lemak. Lalu, setengah dari jumlah lemak di otak Anda terdiri dari jenis omega-3.

Otak Anda menggunakan omega 3 untuk membangun sel otak dan saraf. Maka bisa dikatakan bahwa lemak omega 3 sangat penting untuk proses belajar dan mengingat.

Selain itu, kandungan omega 3 juga berfungsi memperlambat penurunan mental yang berkaitan dengan usia. Contohnya seperti membantu menangkal penyakit Alzheimer.

Sumber : klikdokter
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...