Sulsel Terdampak Virus Korona


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR —  Penyebaran masif virus korona (corona), membawa dampak bagi Sulsel. Sejumlah travel menunda perjalanan.

SAAT ini, biro perjalanan wisata menghindari tujuan Tiongkok. Meski selama ini, paket wisata ke Negeri Tirai Bambu itu terbilang tinggi peminat di Sulsel.

Tiongkok bahkan masuk tiga besar negara paling diminati wisatawan Sulsel. Dengan munculnya fenomena virus korona, travel pun memilih langkah aman: menunda perjalanan wisata ke negeri pesaing dagang Amerika Serikat (AS) itu.

Dulang Wisata Travel, salah satunya. Akibat isu tersebut, pihaknya menunda pemberangkatan. Apalagi, organisasi kesehatan dunia, World Health Organizayion (WHO) telah mengeluarkan travel warning atau peringatan perjalanan.

Direktur Utama Dulang Wisata Travel, Andi Sophawati Baru, mengatakan pihaknya terpaksa membatalkan pemberangkatan wisatawan ke Tiongkok untuk periode April nanti.

Untungnya, kata dia, untuk bulan ini hingga Maret tidak ada pemberangkatan. Tetapi, untuk April ada dua jadwal pemberangkatan. Sehingga untuk sementara ditunda dahulu.

“Grup pertama itu 25 pax, yang grup kedua insentif 18 pax. Sebab, kabarnya penyakit ini sudah menyebar di beberapa kota besar di Tiongkok, seperti ke Beijing, Shanghai, bahkan sampai ke Jepang juga,” kata Sophawati, Rabu, 22 Januari.

Kondisi ini sangat disayangkannya, padahal minat warga Sulsel ke Tiongkok cukup besar. Di Asia, selain Korea Selatan dan Jepang, Tiongkok-lah negara yang banyak peminatnya di Makassar.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar