Merawat Kontinuitas Simbolik Rakyat Luwu


Membangun tugu ingatan bersama (collective memories) sebagai sebuah konvergensi simbolik tentu bukanlah hal yang baru. Berabad-abad silam, berbagai komunitas telah melakukan hal tersebut, mulai yang terkecil hingga yang terbesar, seperti kerajaan ataupun negara. Tidak terkecuali pula dengan agama-agama yang ada.

Keinginan tersebut merupakan sesuatu yang inheren dalam diri manusia sebagai makhluk sosial ataupun “animal symbolicum”. Sebab kecenderungan manusia untuk dikenang membuat manusia senantiasa memproduksi simbol sebagai penanda kehadirannya, baik sebagai individu maupun sebagai sebuah kelompok sosial yang jauh lebih besar.

Demikian pula keinginan dalam menentukan hari jadi Luwu. Keinginan ini terus menggeliat, termasuk adanya keinginan untuk menemukan suatu peristiwa atau yang dapat menjadi salah satu pengikat, dalam upaya memperkuat wujud kebersamaan dan persatuan, termasuk membangun sinergitas dalam proses pembangunan Tana Luwu.

Tidak dapat dipungkiri menentukan hari jadi sebuah daerah merupakan langkah yang tepat dalam merumuskan sebuah simbol pemersatu sebuah daerah. Adanya penentuan hari jadi sebuah daerah pastinya akan menjadi tugu ingatan bersama bagi masyarakat dan menjadi perekat ikatan emosional bagi sebuah daerah.

Dalam banyak hal, simbol hari jadi terbukti dapat memperkuat sinergi masyarakat dengan pemerintah dalam meningkatkan perannya terhadap pembangunan. Kondisi ini tentunya sangat dibutuhkan oleh sebuah daerah agar tetap mampu memperkuat ikatan kebersamaan dalam kerangka pembangunan yang berkelanjutan.

Sebuah tugu ingatan bersama, sebagai sebuah konvergensi simbolik terhadap sebuah peristiwa yang telah dimaknai dan disepakati bersama akan menjadi sebuah kekuatan besar di masa akan datang. Tentu dengan syarakat, tugu ingatan bersama ini harus diwarnai dengan berbagai pernik-pernih penguat, bukan hanya sekedar bahasa pidato yang tiap tahun keluar dari mulut para pejabat.

Merawat Kontinuitas Simbolik Rakyat Luwu

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...