Partai Ini Beri Sinyal ke Mantan Kapolda Jatim Machfud Arifin

TUNGGU DPP: Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio. (ISTIMEWA)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Dukungan Partai Politik kepada Machfud Arifin terus bertambah. Setelah mendapat sinyal rekomendasi dari PAN, PKB, dan Gerindra, mantan Kapolda Jatim tersebut bakal mendapat dukungan dari Partai Demokrat.

“Memang benar kader di DPC hingga PAC Partai Demokrat Kota Surabaya sepakat satu nama, yaitu Pak Machfud,” ujar Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio.

Renville juga mengaku sudah mendapatkan laporan tentang hasil jaring pendapat yang dilakukan DPC Partai Demokrat Surabaya, kepada kader di bawah terkait sosok calon yang bakal didukung dalam Pilwali 2020. Dari sekian nama yang muncul, nama Machfud Arifin yang paling banyak disebut.

Meski demikian, pria yang hobi mengendarai motor gede ini memastikan partainya akan tetap membuka pendaftaran bagi calon kepala daerah untuk masing-masing daerah, termasuk Surabaya.

Ini setelah dikeluarkannya petunjuk pelaksanaan (juklak) dan peraturan organisasi Partai Demokrat terkait pilkada serentak. “Jadi, beliau harus mengikuti seluruh tahapan yang telah ditentukan. Tetap harus mendaftar, karena itu mekanisme di partai kami,” tegasnya.

Sementara itu, pengamat politik Surokim Abdussalam mengatakan, biasanya jika rekomendasi sudah turun pada salah satu nama, maka elektabilitas cenderung naik signifikan. Saat ini yang sudah hampir pasti bisa memenuhi syarat pendaftaran hanya Machfud Arifin. “Untuk lainnya masih belum ada tanda-tanda dapat rekom. Jika mengacu pada pendaftaran bakal calon di KPU, semua masih di bawah 15 persen,” katanya.

Komentar

Loading...