Tingkatkan Pengawasan Penumpang dari Luar Negeri dengan Thermel Scanner

Penumpang bandara sulhas

FAJAR.CO.ID,MAROS- Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar mulai meningkatkan pengawasan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi merebaknya virus Corona dari Wuhan China.

Pengawasan itu dilakukan dengan pemantauan alat pemindaian suhu tubuh yang sudah sejak lama telah terpasang di terminal kedatangan Internasional Bandara Hasanuddin.

Kepala Bidang Upaya Kesehatan Lintas Wilayah KKP Makassar, Muh Askar Hasan mengatakan Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar melakukan peningkatan pengawasan bagi alat angkut, orang dan barang.

“Nah di bandara Internasional Sulltan Hasanuddin dilakukan pengawasan terhadp pesawat, orang dan barang. Jika alat angkutnya itu bentuk pengawasannya itu sanitasi pesawat, sedangkan untuk orangnya kita lakukan pengawasan dengan pemindaian suhu tubuh atay Thermel Scanner penumpang yang datang dari Luar Negeri. Dimana alat ini berfungsi memindai suhu tubuh penumpang yang datang dari Luar Negeri di Terminal Kedatangan Internasional,” jelasnya.

Meski demikian diakuinya alat pemindaian suhu tubuh itu memang sudah lama ia pasang di bandara.

“Jadi sebelum ada masalah di Wuhan Cina ini memang kita sudah pasang alatnya ei Bandara. Dan pemantauan karena memang itu tugas pokok kami,”katanya.

Cara kerja alat ini pun kata dia, setiap penumpang yang baru turun dari pesawat, suhu tubuhnya akan terdeteksi secara otomatis.

“Sehingga jika ada yang melebihi 38 derajat, akan segera ditangani oleh petugas kesehatan di ruang pemeriksaan. Kita tanyakan gejala yang ia rasakan dan riwayat perjalanannya dari mana. Kalau dicurigai ada sesuatu, maka kita akan langsung rujuk ke Rumah Sakit Wahidin dengan ambulans khusus,” jelasnya.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar