Kajati Sulbar: Fun Bike Tingkatkan Sinergitas Lembaga

0 Komentar

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Sekitar 800-an peserta dari berbagai komunitas sepeda di Mamuju mengikuti kegiatan Fun Bike dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke 70 yang digelar jajaran Kemenkumham Sulbar, pagi tadi. Kajati Sulbar Darmawel Aswar yang ikut dalam kegiatan ini memberi apresiasi.

Sebab melalui acara bersepeda menurutnya bisa makin meningkatkan koordinasi dan sinergitas antar lembaga pemerintahan, swasta maupun masyarakat umum di Sulbar. “Biasanya pertemuan formal itu terlalu birokrasi, kalau ini (sambil bersepeda) bisa diselesaikan dengan informal, walaupun nanti juga dilakukan secara formal,” kata Darmawel di sela acara fun bike, Sabtu, 25 Januari.

Khusus di Kejaksaan sendiri pihaknya sudah menyemarakkan berbagai acara bersepeda. Termasuk menggelar acara gowes malam hari menggandeng komunitas Mamuju Night Ride. Pihaknya juga kerap meramaikan acara ulang tahun pemda bersama klub sepeda yang diinisiaisi Sekprov Sulbar, Muh Idris. “Kemarim misalnya, kita gowes di acara Festival Maradika Mamuju di Pulau Karampuang,” bebernya.

Apresiasi yang sama disampaikan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Mamuju, Letkol Marinir Laode Jimmy Herisal R. Dia menyebut kegiatan bersepeda yang makin ramai di suatu wilayah menunjukkan perkembangan positif. Terutama dalam melakukan aktivitas sehari hari seperti ke kantor. Selain mengurangi emisi, juga ajang meningkatkan sinergitas warga dan antar instansi.

“Di kota-kota besar kegiatan Bike to Work (BtW) itu sudah lumrah. Ini langkah awal di Mamuju, beber Laode. Sementara Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulbar Imik Eko Putro mrnyampaikan apresiasi serupa kepada jajaran Kemenkumham yang telah menggelar acara fun bike dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ini. Pihaknya mendorong seluruh pimpinan instansi di Sulbar melakukan kegiatan sejenis. “Kami senang dengan forum informal seperti ini. Informasi mengalir dengan mudah dan tidak kaku.Kita berharap pembangunan daerah cepat terwujud,” bebernya.

Kakanwil Kemenkumham Sulbar Harun Sulianto sendiri menyampaikan terima kasih karena peserta yang hadir cukup antusias dan kegiatan berlangsung lancar meski sempat hujan sepanjang acara fun bike. Acara ini juga dihadiri Kepala Kanwil Kemenang Sulbar Muflih B Fatta Ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah dan sekira 20 komunitas bersepeda di antaranya Manakarra Sepeda Lipat (Marsel), Manakarra Cycling Community (MCC), Quarantine Cycling Club (QCC), Pengayoman Cycle Community (PCC), Sulbar Cycling Community (SCC), GoPro dan Manis Manja Manajemen (M3). (nur)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...