Ini Penjelasan Mengapa Menjaga Predator Laut Penting


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebagai wujud atau untuk menghentikan penjualan ikan hiu di pasar swalayan, maupun restoran, Komunitas Earth Hour (EH) Makassar menggelar “Aksi Save Our Shark” di Kawasan Pantai Losari, Jalan Penghibur, Minggu, (26/1/2020).

Penanggung jawab AKSI, Andi Nur Annisa Abbas, mengatakan hiu adalah salah satu predator laut yang keberadaannya sangat dibutuhkan dalam segitiga rantai makanan di bawah laut.

Hiu di laut tidak dapat digantikan dengan hewan predator sejenis, ketiadaan hiu akan merusak ekosistem laut. “Hiu termaksud predator tingkat atas (apex predator) dalam piramida makanan ekosistem bawah laut, yang sangat berperan penting untuk mengontrol keseimbangan populasi ikan yang kita konsumsi,” katanya.

Sementara itu Koordinator Divisi Public Campaign, Muhammad Rezi, mengatakan dengan adanya aksi long march, diharapkan kepada masyarakat Kota Makassar yang berada di CFD Pantai Losari, yang belum mengetahui soal penangkapan liar sirip hiu ataupun yang mengonsumsi sirip hiu. Agar dari gerakan Earth Hour Makassar turun ke pantai losari, mampu memahami tentang populasi hiu yang ada di laut.

“Dengan banyak fakta di atas, kita sebagai generasi muda Indonesia harus menghentikan dan mencegah segala macam bentuk perburuan hiu. Upaya yang dapat kita lakukan sebagai mahasiswa dan generasi muda Indonesia adalah dengan tidak mengonsumsi makanan maupun barang barang yang berasal dari sirip hiu,” tambah Echi sapaan karibnya.

Komentar

Loading...