5 Menu Ini Berpotensi Timbulkan Beberapa Masalah Penyakit

FAJAR.CO.ID-- Sarapan dengan menu yang sangat mengenyangkan seperti nasi uduk, lontong sayur, bubur ayam, mi instan, atau roti menjadi pilihan sehari-hari di Indonesia.

Selain rasanya yang lezat, makanan tersebut juga mudah didapat karena banyak dijual di pagi hari. Lalu dari kelima menu sarapan orang Indonesia tersebut, mana yang paling sehat?

Dr. Valda Gracia dari KlikDokter menjelaskan dari kelima makanan Indonesia tersebut tidak ada yang masuk dalam daftar menu sarapan sehat.

Menurut Dr. Valda, ada kandungan karbohidrat yang tinggi dari bubur, nasi uduk, lontong sayur, atau mi instan.

“Bukan memberikan efek yang sehat di pagi hari, tapi kelima makanan tersebut justru bisa menimbulkan beberapa masalah penyakit, ” ujar dr. Valda Gracia.

Begini penjelasan dr Valda mengenai menu sarapan sehat:

Roti

Meski bukan menjadi menu sarapan yang sehat, dr. Valda menganggap roti berada di peringkat pertama sarapan cukup sehat, dibanding nasi uduk, lontong sayur, bubur ayam, dan mi instan.

“Roti mengandung karbohidrat kompleks yang sebenarnya sehat jika dimakan dengan menu tambahan lainnya. Misalnya, roti gandum yang di dalamnya diisikan dengan telur dan sayur. Jika hanya makan selembar roti dengan selai kalengan, maka tetap tidak ada nutrisi seperti protein atau vitamin yang masuk dalam tubuh,” ujar dr. Valda.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...