Mahasiswa Indonesia di Tiongkok Wajib Laporkan Suhu Tubuh Setiap Hari

Senin, 27 Januari 2020 18:59

Mahasiswa di Wuhan diwajibkan melaporkan suhu tubuh setiap hari (Dok. Yuliannova Lestari dan PPIT di Wuhan)

FAJAR.CO.ID- Kondisi 93 mahasiswa asal Indonesia di Wuhan, Tiongkok, saat ini baik saja, sehat, dan aman.

Kesehatan mereka selalu diawasi oleh pihak kampus tempat mereka menempuh studi. Salah satunya mereka wajib melaporkan berapa suhu tubuh mereka setiap hari. Dan jika merasakan gejala flu, mereka diminta segera melapor.

Menurut para mahasiswa asal Indonesia di Wuhan, kota tersebut lembab dan sering hujan. Sehingga memang membuat warga harus menjaha daya tahan tubuh agar tetap sehat.

“Kampus melakukan upaya preventif. Kami selalu pakai termometer mengukur suhu tubuh, dan kalau lebih di atas 37 derajat sudah dianggap demam, harus melapor,” kata para mahasiswa Indonesia di Wuhan saat berbincang dengan JawaPos.com lewat telepon, Gerard Ertandy, Yuliannova Lestari, dan Muhammad Aris Ichwanto, Minggu (26/1) malam.

Pihak kampus juga meminta mahasiswa untuk waspada menghindari area kerumunan. Dan setiap asrama, di setiap 3 lantai ada 2 orang perwakilan untuk memantau kondisi mahasiswa.

“Kalau kepala pusing sedikit atau bersin-bersin kami harus laporan. Dan tiap hari suhu tubuh dipantau. Ada 2 orang representatif kampus di asrama,” jelas mereka.

Ingin Dievakuasi

Kendati mahasiswa cenderung aman dan tetap tenang, namun mereka tetap khawatir. Ketakutan tetap ada di hati mahasiswa. Keinginan bisa segera keluar dari Wuhan pun tetap ada.

Komentar