Pesawat Terbesar dan Tercanggih, Boeing Terbangkan 777X

Senin, 27 Januari 2020 19:40

UJI COBA: Pesawat Boeing 777X lepas landas di Paine Field, Everett, Washington, Sabtu (25/1) waktu setempat (Jason Redmond / AFP)

FAJAR.CO.ID– Boeing akhirnya mengumumkan kabar baik. Setelah diterpa berbagai bencana akibat 737-Max, raksasa penerbangan AS itu akhirnya sukses menerbangkan pesawat 777X.

Pesawat berbadan lebar generasi terbaru itu disebut sebagai pesawat jarak jauh terhemat, tercanggih, sekaligus terbesar.

Pesawat tersebut akhirnya lepas landas pada pukul 10.00 waktu setempat Sabtu lalu (25/1) dari landasan Paine Field, Everett, Washington. Landasan tersebut merupakan bagian dari salah satu pabrik perakitan Boeing. Pesawat tersebut sempat terbang empat jam sebelum akhirnya mendarat di Boeing Field, Seattle.

”Ini mewakili hal-hal hebat yang bisa kami capai,” ujar Direktur Pemasaran 777X Wendy Sowers kepada BBC.

Penerbangan perdana pesawat yang bisa terbang hingga jarak 16.200 kilometer itu sempat tertunda dua kali pekan lalu. Jadwal pada Kamis ditunda karena hujan. Sedangkan penerbangan Jumat dibatalkan karena angin kencang.

Publik sebenarnya sudah menanti performa dari pesawat tersebut tahun lalu. Namun, jadwal penerbangan pertamanya yang ditargetkan pertengahan 2019 akhirnya mundur karena masalah mesin dan perangkat lunak dari sayap pesawat.

Teknologi mesin dan pesawat merupakan fitur paling vital bagi Boeing 777X. Sebab, mesin dari General Electric merupakan yang terbesar yang pernah dipasang di pesawat komersial. Sayap pesawat berbadan lebar itu juga bisa melipat untuk menghemat bahan bakar dan memaksimalkan kemampuan mendarat di bandara seluruh dunia. (JPC)

Komentar