Underpass Kemayoran Sudah Bisa Dilalui, Ini Penegasan Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau langsung underpass Kemayoran atau terowongan Gandhi pada Minggu (26/1) malam. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Underpass Kemayoran, Jakarta Pusat atau terowongan Gandhi sempat lumpuh akibat dilanda banjir sejak Jumat (24/1). Ketinggian air di sana mencapai atap jalan. Arus lalu lintas pun untuk 2 hari terakhir terpaksa dialihkan.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan underpass tersebut sudah bisa dilalui kendaraan. Hal itu ia pastikan setelah meninjau langsung lokasi pada Minggu (26/1) malam.

Anies mengatakan, meskipun area tersebut menjadi kewenangan Pemerintah Pusat, Pemrov DKI Jakarta turut membantu menangani genangan air di kawasan tersebut. Dia berkomitmen untuk segera membuat jalan tersebut bisa diakses kembali oleh masyarakat.

“Jadi malam ini, kira-kira pukul 22.30, Alhamdulillah proses pengeringan sudah hampir tuntas. Sekarang tinggal pembersihan,” kata Anies.

Anies menyampaikan, sejak Jumat lalu, Pemprov DKI Jakarta telah mengerahkan 6 unit pompa mobile dengan kemampuan 600 liter per detik dan juga 2 buah pompa dari Disgulkarmat DKI Jakarta. Sedangkan pompa di lokasi ada yang ikut terendam air, sehingga tidak bisa digunakan.

“Karena pompa yang ada terendam. Karena itu harus dipompa dengan menggunakan pompa mobile. Jadi alhamdulillah malam hari ini selesai, mission accomplished,” jelasnya.

Ke depan, Anies mengatakan, akan duduk bersama dengan Pusat Pengelola Kawasan (PPK) Kemayoran, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) sebagai pengelola underpass Kemayoran. Mereka akan membahas agar banjir di kawasan tersebut bisa diselesaikan.

Komentar

Loading...