Langsung Tancap Gas, DEKOPIN Kunjungi Korea Temui NACF dan Jajaki Kerja Sama

Ketua Umum Dekopin, Nurdin Halid, di Negeri Gingseng Korea.

FAJAR.CO.ID — Tidak lama setelah diumumkan struktur Kepengurusan DEKOPIN yang baru untuk lima tahun ke depan pada dua pekan yang lalu, DEKOPIN pada Selasa (28/1/2020) hari ini mengirimkan delegasi yang langsung dipimpin oleh Ketua Umumnya, Nurdin Halid. Mereka ke Negeri Gingseng Korea.

Korea dikenal memiliki tradisi pertanian yang kuat karena mayoritas petani berhimpun dalam 1.165 Koperasi Pertanian yang menyatu dalam Federasi Koperasi Pertanian Korea (NACF).

NACF (National Agriculture Cooperative Federation) mungkin hanya dikenal di kalangan orang koperasi saja tapi siapa sangka raksasa koperasi pertanian Korea ini merupakan pemilik Bank Nong Hyup (NH Bank), Bank Terbesar di Korea dan Produk-produk pertanian berkualitas dunia seperti Hansamin, Red Ginseng, Nonghyup Insam, Nangwoo Bio.

Mencatatkan total perputaran bisnisnya yang mencapai 38,8 millyar USD setara 450 trilyun rupiah lebih, sehingga menempatkan NACF sebagai 10 Koperasi terbesar dunia. Tak heran volume sebesar itu dibukukan karena NACF saat ini memiliki 35 anak perusahaan yang bergerak diberbagai bidang mulai dari perbankan, produksi pertanian dan sarana pertanian termasuk pupuk.

Delegasi DEKOPIN yang datang dengan jumlah banyak terdiri dari Ketua Umum dengan 21 Dekopinwil dan 4 Wakil Ketua Umum. Kunjungan ini dilakukan untuk study banding sekaligus menjajaki kerjasama konkret antara Koperasi Pertanian Korea dengan Koperasi di Indonesia.

Komentar

Loading...