Taliban Klaim Tembak Jatuh Pesawat Militer AS, Perwira Tinggi dan Pejabat CIA Tewas

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, AFGHANISTAN– Taliban mengklaim menembak jatuh sebuah pesawat militer AS di Provinsi Ghazni, Afghanistan tengah pada Senin. Semua personel di dalamnya tewas.

“Pesawat itu memiliki misi intelijen, dijatuhkan di daerah Sado Khel, distrik Deh Yak, Provinsi Ghazni,” kata Juru Bicara Taliban, Zabihullah Mujahid dalam sebuah pernyataan seperti dilansir iranpress, Selasa, 28 Januari.

Dia menambahkan bahwa semua orang di pesawat termasuk perwira tinggi telah terbunuh termasuk pejabat CIA.

Dugaan awal, pesawat yang jatuh itu dari Angkatan Udara AS Bombardier Global 6000 / E-11A “BACN” (Battlefield Airborne Communications Node).

Gambar yang dikatakan berasal dari pesawat yang jatuh menunjukkan pesawat yang bertanda Angkatan Udara AS, yang tampak mirip dengan pesawat pengintai E-11A lainnya.

Sebuah pesawat komunikasi Angkatan Udara jatuh di Afghanistan timur. “Kurang dari lima penumpang”, kata seorang pejabat AS kepada Fox News.

Gambar di media sosial, konon pesawat yang jatuh menunjukkan sebuah pesawat bertanda Angkatan Udara A.S yang mirip dengan pesawat pengintai E-11A lainnya yang difoto oleh para penggemar penerbangan. Nomor registrasi yang terlihat di pesawat juga tampak cocok dengan pesawat itu.

Yang disebut Battlefield Airborne Communications Node dapat dilakukan pada pesawat tanpa awak atau awak seperti E-11A. Ini digunakan oleh militer untuk memperluas jangkauan sinyal radio, dan dapat digunakan untuk mengubah output dari satu perangkat ke perangkat lainnya, seperti menghubungkan radio ke telepon. (fajar)

Sumber : iranpress
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...