136 Peserta CPNS Gugur Lebih Awal


Passing grade TKP dinilai sangat tinggi sehingga panitia seleksi CPNS pada tahun ini menginisiasi untuk menurunkan level atau passing grade TKP. Tahun lalu, standar kelulusannya mencapai 143, kemudian diturunkan menjadi 126. Tes Intelegensi Umum dengan standar 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan 65.

Harun menambahkan, jika ada peserta yang sakit dan tidak bisa mengikuti pelaksanaan ujian, masih ada kompensasi. Namun wajib menyetor bukti keterangan sakit yang diketahui oleh dokter. Selanjutnya akan diberikan keringanan untuk mengikuti tes dengan jadwal yang berbeda.

“Peserta yang terlambat lima menit sudah tidak diperkenankan memasuki ruangan. Tidak bisa ditoleransi. Gugur, sama dengan kalau tidak hadir, otomatis gugur,” bebernya.

Khusus keamanan juga diperketat. Pelaksanaan ujian ini sudah memiliki standar dengan bekerja sama aparat kepolisian. Apalagi pemeriksaan dan pengawasan juga sudah berbasis IT sehingga sulit ada joki bermain.

“Kasus joki tahun lalu jadi evaluasi. Sementara untuk kelancaran ujian, kami siapkan dua server. Ada server cadangan bila server utama bermasalah,” terangnya.

Pantauan FAJAR, pengamanan dan pengawasan sangat ketat. Peserta tes tidak boleh mengenakan aksesori dan segala macam yang berbahan logam. Jam tangan, cincin, peniti, gelang, anting, kalung, ikat pinggang, dan segala pernak-pernik lainnya ditanggalkan.

Peserta tidak diperbolehkan membawa apapun ke lokasi ujian selain kartu identitas dan kartu tes. Sepatu dan tas ditaruh ke dalam kantong plastik. Selanjutnya peserta menggunakan sandal putih yang disiapkan untuk digunakan di ruang CAT di lantai empat kantor Gubernur Sulsel.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar