Didesak Dicopot, Begini Kata Yasonna Laoly

Yasonna Laoly

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Ronny F Sompie dicopot dari Jabatannya sebagai Dirjen Imigrasi oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly.

Hal ini yang mengakibatkan Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot jabatan Yasonna dari Menkumham.

Menanggapi hal tersebut, Yasonna mengatakan tidak ingin menanggapi ICW. Terpenting baginya ingin menjaga indepensi tari tim investigasi tersebut.

“Itu hak dia (ICW) bicara. Urusan dia. Tapi kan lihat dulu ada faktor-faktor mensrea-nya,” ujar Yasonna di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (29/1).

Sementara ada anggapan Yasonna ‘buang badan’ sehingga mengakibatkan pencopotan Ronny F Sompie. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini tidak mempermasalahkannya. Bagi Yasonna saat ini adalah membenahi sistem di Imigrasi. Sehingga tidak menimbulkan polemik.

“Sistemnya saya sudah berapa bulan yang lalu perbaiki sistem tersebut,” katanya.

Sebelumnya, Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana ‎mengatakan Yasonna H Laoly juga dicopot dari jabatannya sebagai Menkumham. Hal ini karena simpang siur informasi keberadaan tersangka Harun Masiku yang merupakan politikus PDIP.

Kurnia Ramadhana mengatakan Yasonna merupakan pimpinan tertinggi institusi kementerian itu. Artinya, politikus PDIP itu juga harus mempertanggungjawabkan segala tindakannya.

Kurnia memandang kekeliruan informasi keberadaan Harun menyebabkan kinerja aparat penegak hukum menjadi terganggu, dalam hal ini KPK. (JPC)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar