Mantan Dirut TransJakarta Donny Saragih Jadi Buronan Jaksa

Mantan Dirut TransJakarta, Donny Saragih jadi buronan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Mantan Dirut TransJakarta, Donny Saragih belum menjalani masa hukumannya terkait kasus penipuan pada 2018 lalu. Kasus penipuan Donny Saragih sendiri sudah diputus Mahkamah Agung (MA).

Seperti dikutip Jawapos.com (grup fajar.co.id), dalam putusannya, Donny divonis dua tahun penjara atas kasus penipuan di PT Lorena Transport, tempatnya bekerja dahulu. Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Riono Budisantoso menegaskan akan menyeret Donny. “Kami cari sampai dapat. Kalau sudah ketemu, langsung kami bawa,” ujar Riono, Selasa (28/1).

Berdasarkan informasi yang didapat, Donny rencananya akan menyerahkan diri kemarin. Akan tetapi, sampai malam hari, batang hidung Donny masih belum terlihat. Saat ini, pihak Kejari Jakpus juga sudah menyiapkan berkas dan dokumen untuk melakukan pencekalan terhadap Donny ke luar negeri. “Masih dalam proses pencekalannya. Belum, tapi akan kita cekal. Sedang disiapkan,” terangnya.

Pencarian terhadap Donny sendiri sejatinya sudah dilakukan sejak lama meski tidak intens. Kuasa hukum Donny juga menyatakan bahwa kliennya akan menyerahkan diri ke Kejari Jakarta Pusat.

Terpisah, Sekda DKI Jakarta Saefullah menyebut, pemilihan Donny itu karena Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) sebagai salah satu pihak yang melakukan seleksi tidak teliti. “Kurang teliti saja bagian yang seleksi. (BP BUMD) di antaranya,” kata Saefullah di Monas.

Karena itu, Pemprov DKI langsung malakukan pencopotan terhadap Donny setelah diketahui bermasalah dengan hukum. Hal itu, katanya, merupakan langkah evaluasi tim seleksi. “Sudah dievaluasi dan sudah diganti,” tegas dia.

Untuk diketahui, penunjukkan Donny Andy Saragih sebagai Dirut Transjakarta dibatalkan pada Senin (27/1). Keputusan itu diambil melalui mekanisme keputusan para pemegang saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham PT Transjakarta. (jpc/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...