Pangdam XIV, Pangkoopsau II, dan Kapolda Sulsel Kompak Jaga Netralitas di Pilkada

0 Komentar

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, Pangkoopsau II Marsda TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe, swafoto di sela-sela Rapim TNI-Polri.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –-  Panglima Komando Militer (Pangdam) XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Marsda Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe, kompak menjaga netralitas TNI-Polri pada pelaksanaan Pilkada serentak mendatang di Sulsel.

Hal ini dilakukan ketiga Panglima Komando Utama (Pangkotama) tersebut di sela-sela pelaksanaan Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri, yang digelar Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Drs Idham Azis, M.Si, di Gor A. Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020).

Bahkan ketiga Pangkotama ini, melakukan sebagai tanda menunjukkan, sinergitas TNI-Polri di Sulawesi Selatan senantiasa terjaga dan terpelihara dengan baik.

Hal ini sesuai dengan tema Rapim TNI-Polri; “Dilandasi Profesionalitas, soliditas, dan sinergitas, TNI-Polri siap mengamankan Pilkada serentak tahun 2020, serta mengawal pembangunan nasional dalam rangka menuju Indonesia Maju”.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam sambutannya di hadapan  para perwira tinggi TNI-Polri menekankan, agar personel TNI dan Polri senantiasa mengantisipasi segala bentuk kerawanan dalam pelaksanaan pilkada, politik identitas, sampai memantau informasi yang beredar di media sosial.

“Personel TNI dan Polri harus senantiasa menjaga netralitas dalam pelaksanaan pilkada. Tantangan tugas ke depan pada tahun 2020 cukup berat, sehingga sinergitas dan soliditas TNI-Polri adalah harga mati dan menjaga kekompakan menjadi kesuksesan dalam menghadapi tantangan tugas pengamanan pilkada serentak,” ungkap Panglima TNI.

Sementara itu, Pangkoopsau II Marsda TNI Donny Ermawan Taufanto, melalui Kepala Penerangan (Kapen) Koopsau II Letkol Sus Husban Abady, ketika diminta keterangannya, Rabu (29/1/2020), mengatakan, untuk personel TNI Angkatan Udara yang ada di Jajaran Koopsau II harus senantiasa memperhatikan tentang komitmen netralitas TNI.

Pangkooopsau II menegaskan, komitmen tersebut harus dipegang teguh. “Oleh karena itu, perlu menjadi perhatian adalah adanya kesamaan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak dalam mewujudkan sinergi dengan para pemangku kepentingan lainnya guna mengantisipasi perkembangan situasi dalam pelaksanaan Pilkada,” imbuhnya.

Selain itu, Pangkoopsau II juga mengharapkan, segenap personel Koopsau II dan jajaran, harus mampu mengelola situasi di wilayah masing-masing sehingga pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 dapat berjalan dengan aman dan kondusif. (lis)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...