Preview Manchester City vs Manchester United: Mission Impossible

0 Komentar

Marcus Rashford mengeksekusi penalti Manchester United dalam derbi Manchester di Etihad Stadium, 7 Desember 2019/Michael Regan/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Manchester United wajib berpesta gol ke gawang Manchester City di leg kedua semifinal Carabao Cup untuk lolos ke partai puncak. Sebuah misi yang sepertinya mustahil.

MANCHESTER City memegang kendali dalam perebutan tiket final setelah pada leg pertama menang 3-1 di Old Trafford. Dengan hasil itu, MU harus menang dengan selisih dua gol atau lebih jika ingin membalikkan keadaan dan melenggang ke final.

Fakta bahwa leg kedua ini berlangsung di Etihad Stadium, markas The Citizens membuat usaha MU berpesta di markas City seperti mission impossible. Mereka memang menang 2-1 di Etihad pada laga Premier League Desember lalu, tapi situasi tim kini berbeda.

Saat ini, MU tengah diterpa krisis pemain. Paul Pogba, Scott McTominay, Marcus Rashford, Marcos Rojo, Timothy Fosu-Mensah, dan Axel Tuanzebe semuanya dipastikan absen akibat cedera. Kehilangan terbesar MU adalah Rashford.

Walau masih memiliki pemain seperti Athony Martial dan Daniel James yang tak kalah cepat, Rashford tetap saja merupakan senjata paling mematikan Setan Merah saat membangun serangan, khususnya di situasi counter attack. Dan kehilangan Rashford jelas keuntungan besar bagi City yang di dua pertemuan terakhir selalu dijebol sang bomber.

Sebaliknya, tuan rumah dalam kondisi terbaik. Manajer City, Pep Guardiola memiliki hampir seluruh kekuatan terbaiknya dengan hanya Leroy Sane yang masih absen. Bahkan, Aymeric Laporte yang sempat menepi lama siap kembali turun lapangan.

Tapi, bek MU, Diogo Dalot menegaskan bahwa mereka siap untuk tantangan berat ini. Menurutnya, laga kontra City dan Wolverhampton Wanderers sebelum libur musim dingin selama 16 hari adalah pertandungan yang harus mereka menangi.

“Ya, itu sebabnya kami ada di sini. Kami bekerja setiap hari untuk jenis permainan seperti ini, untuk pertarungan semacam ini dan sekarang kami fokus pada besok dan kami melangkah lagi pada hari Rabu (Kamis menghadapi Manchester City),” tegas Dalot di situs resmi MU.

Manajer United, Ole Gunnar Solskjaer yang memimpin timnya menghajar Tranmere Rovers setengah lusin gol di Piala FA juga memastikan anak asuhnya akan berjuang maksimal. Ia mengatakan, mereka ingin hasil bagus sebelum libur kompetisi.

“Satu minggu yang panjang. Sudah dua bulan tanpa henti dan kami punya dua pertandingan lagi sebelum kami istirahat sebentar. Jadi para pemain akan memiliki energi yang cukup untuk dua pertandingan itu,” ujarnya.

Solskjaer musim lalu memimpin comeback luar biasa Setan Merah di babak 16 besar Liga Champions. Setelah kalah 0-2 di Old Trafford, mereka bisa membalikkan keadaan dan mengeliminasi Paris saint Germain (PSG) dengan kemenangan 3-1 di Paris.

Namun, Manajer City, Pep Guardiola tidak akan membiarkan Solskjaer membuat kejutan dinihari nanti. Menurutnya, ambisi mereka adalah melaju ke final ketiga Piala Liga Inggris secara beruntun.

Seperti MU, Manchester Biru juga membawa modal bagus untuk laga ini. Akhir pekan lalu, mereka menang 4-0 atas Fulham di babak 32 besar FA Cup. “Berikutnya adalah United dan peluang untuk mencapai final dan itu adalah target kami berikutnya,” kata Pep di AS.

Menurut Pep, target mereka adalah memenangkan gelar, termasuk mempertahankan trofi Carabao Cup. “Tekad itu selalu ada dan kami akan berjuang untuk memenangkan setiap kompetisi. Kami selalu mencetak gol dan memiliki kemampuan untuk mencetak gol,” ujarnya.


Terkait kesiapan pemainnya, Pep memastikan tidak ada masalah. Termasuk Laporte yang baru pulih dari cedera. “Dia mengalami kelelahan, yang normal setelah empat atau lima bulan. Sampai kita merasa dia siap, dia tidak akan bermain. Jika dia bisa bermain melawan United, dia akan bermain,” tandasnya di Squawka. (amr)


Prakiraan Pemain
Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Fernandinho, Laporte, Mendy; Rodri, De Bruyne, Gundogan; B. Silva, Sterling, Aguero

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire, Williams; Matic, Fred; Greenwood, Pereira, James; Martial

Head to head

07/01/20 Manchester United 1-3 Manchester City

07/12/19 Manchester City 1-2 Manchester United

24/04/19 Manchester United 0-2 Manchester City

11/11/18 Manchester City 3-1 Manchester United

07/04/18 Manchester City 2-3 Manchester United

Lima pertandingan terakhir Manchester City

26/01/20 Manchester City 4-0 Fulham

21/01/20 Sheffield United 0-1 Manchester City

18/01/20 Manchester City 2-2 Crystal Palace

12/01/20 Aston Villa 1-6 Manchester City

07/01/20 Manchester United 1-3 Manchester City

Lima pertandingan terakhir Manchester United
26/01/20 Tranmere Rovers 0-6 Manchester United

22/01/20 Manchester United 0-2 Burnley

19/01/20 Liverpool 2-0 Manchester United

15/01/20 Manchester United 1-0 Wolverhampton Wanderers

11/01/20 Manchester United 4-0 Norwich City

REKAMAN PERTEMUAN DI CARABAO CUP
Pertandingan: 8
Manchester City menang: 4
Manchester United menang: 3

Imbang: 1
Gol Manchester City: 14
Gol Manchester United: 10
Selisih gol: 4
Kemenangan terbesar Manchester City: 4-0
Kemenangan terbesar Manchester United: 1-3
Skor terbesar: 4-0
Hasil imbang terbesar: 2-2

RAPOR SEMIFINAL PEP GUARDIOLA DI INGGRIS

Manchester United 1-3 Manchester City
Manchester City 1-0 Brighton
Burton Albion 0-1 Manchester City

Manchester City 9-0 Burton Albion
Bristol City 2-3 Manchester City
Manchester City 2-1 Bristol City
Arsenal 2-1 Manchester City

ATURAN SEMIFINAL

Jika skor agregat sama pada akhir pertandingan leg kedua, tidak ada penambahan waktu dan pemenang akan diputuskan lewat adu penalti.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...