Dinamika Pencopotan Ronny F Sompie, Begini Respons Istana


FAJAR.CO.IDm JAKARTA – Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan Presiden Joko Widodo turut memperhatikan dinamika pencopotan Ronny F Sompie dari jabatan Dirjen Imigrasi oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Hanya saja, Fadjroel mengaku belum menerima informasi bagaimana sikap Jokowi itu melihat peristiwa tersebut.

“Kami sudah menyampaikan dan presiden tentu sudah membahas tentang hal tersebut juga. Misalnya seperti Mensesneg kemudian juga Seskab dan ada hal yang belum disampaikan secara khusus kepada kami,” kata Fadjroel di Istana Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (29/1).

Fadjroel kembali menegaskan, presiden memonitor hal itu. “Tetapi sepanjang itu adalah menjadi hak dari kementerian teknis, itu beliau tidak akan mencampuri,” kata dia.

Menkum HAM Yasonna Laoly mencopot sementara Ronny F Sompie sebagai Direktur Jenderal Imigrasi, Selasa (28/1). Pencopotan dilakukan untuk mempermudah proses penyelidikan terkait kelalaian sistem sehingga tidak mencatat kedatangan Harun Masiku di Indonesia.

“Tim nanti bisa melacak mengapa terjadi delay. Mengapa data itu tersimpan di PC bandara terminal II, kalau terminal III kan beres. Makanya, ndak ada masalah di terminal III,” kata Yasonna. (jpnn/fajar)

loading...

Komentar

Loading...