Lutfi Bisa Bebas Malam Ini, Meski Divonis 4 Bulan Penjara

Demonstran yang membawa bendera merah putih, Dede Lutfi Alfiandi bisa bebas malam ini setelah vonis empat bulan dari Majelis Hakim PN Jakarta Pusat. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com) J

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Terpidana kasus melawan perintah aparat penegak hukum, Dede Lutfi Alfiandi telah divonis empat bulan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Namun, Lutfi bisa bebas setelah menjalani masa kurungan selama empat bulan.

“Kita menuntut empat bulan, jadi putusan hakim sama dengan tuntutan Jaksa. Artinya setelah putusan empat bulan ini nanti malam Lutfi keluar,” kata Jaksa penuntut umum (JPU) Andri Saputra di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (30/1).

Andri menuturkan, Lutfi bisa bebas dari rumah tahanan (Rutan) Salemba Jakarta Pusat pada Kamis (30/1) malam. Karena, pengacara Lutfi tidak mengajukan banding terkait vonis hakim.

“Berarti kan sudah inkracht, jadi hari ini kita eksekusi. Kita terimalah, kan tuntutan kita sama, kecuali di bawah separuh, jadi kita terima setelah kita eksekusi ke Rutan Salemba, habis maghrib mungkin Lutfi sudah bisa dibebaskan dari Rutan Salemba,” jelas Andri.

ILUSTRASI: Dede Lutfi Alfiandi saat menjalani sidang di PN Jakarta Pusat. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com) Sementara itu, tim kuasa hukum Lutfi, Sultra Dewi menyatakan eksekusi penahanan terhadap kliennya merupakan kewenangan JPU. Karena dia yang mempunyai wewenang untuk mengeluarkan Lutfi dari Rutan Salemba. “Itu nanti kita tunggu dari Jaksa,” ucap Dewi.

Dewi menyebut, tidak dihadirkannya saksi meringankan ke persidangan karena tidak ada yang bersedia bersaksi untuk Lutfi. “Awalnya ada yang mau, mahasiswa dan temannya tapi dua haru sebelum sidang mereka menolak tanpa alasan,” pungkasnya.

Komentar

Loading...