Menlu Iran Javad Zarif Sebut Kesepatan Trump sebagai Jalan Raya Menuju Neraka

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif (Foto oleh Fatemeh Bahrami / Anadolu Agency / Getty Images)

FAJAR.CO.ID, TEHERAN– Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menggambarkan Rencana Perdamaian Presiden AS tentang penyelesaian Palestina-Israel sebagai jalan raya menuju neraka.

“Mungkinkah Mandela membayangkan munculnya kembali BANTUSTANS, beberapa dekade setelah pembebasan Afrika Selatan? Visi untuk perdamaian lebih mirip Jalan Raya ke Neraka,” kata Zarif dalam sebuah tweet pada hari Rabu, dilansir iranpress, Kamis, 30 Januari.

“Kita umat Islam harus bangun. AS tidak pernah dan tidak pernah bisa bertindak jujur,” tambahnya.

Sementara pada akun twitter resmi pemimpin Revolusi Islam Ayatullah Sayyid Ali Khamenei mengatakan, apa yang disebut Kesepakatan Abad Ini — tidak akan pernah membuahkan hasil.

Pada Selasa, Trump merilis apa yang disebut rencana perdamaian untuk konflik Israel-Palestina dalam konferensi pers di Gedung Putih. Saat itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga hadir, sementara pemerintah Palestina tidak diwakili.

Kesepakatan itu disebut secara sepihak membatalkan resolusi PBB sebelumnya tentang masalah Palestina, dan menyarankan agar Israel memberi hampir semua yang mereka minta.

Orang-orang Palestina dan pemimpinan mereka telah menyuarakan oposisi yang kuat terhadap rencana Trump, yang mereka gambarkan sebagai konspirasi jahat abad ini. (fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...