Narasi Soal Ujian CPNS Panjang, Waktu Terkuras Membaca Soal

Ilustrasi tes CPNS

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CASN Pemprov Sulsel sudah memasuki hari kedua. Beberapa peserta mengeluhkan narasi soal ujian yang dinilai terlalu panjang.

Salah satu peserta asal Barru, Fitri mengaku kehabisan waktu karena membaca narasi soal yang terlalu panjang. Materinya berisi soal bercerita. Dia mengincar formasi D-III Keperawatan yang dibuka dengan 49 kuota.

“Cukup panjang. Harus dibaca berulang-ulang agar kita paham. Kalau sekali baca, masih kurang mengerti. Itu yang membuat kita kehabisan waktu,” ungkapnya kepada FAJAR, Rabu, 29 Januari.

Fitri juga mengeluhkan kondisi tempat duduk ujian yang terlalu berdempetan. Konsentrasi sedikit terganggu. Apalagi ada peserta lain yang membaca soal dengan sedikit bersuara sehingga mengganggu konsentrasi.

“Kalau tingkat kesulitan, sulit. Sama dengan tes tahun lalu. Saya tadi agak rendah di nilai Tes Intelegensia Umum (TIU),” akunya.

Peserta lain, Annisa Novitasari yang mengincar lowongan asisten apoteker bisa menjawab 100 soal SKD meskipun cukup sulit. Annisa mengaku tak kecewa meskipun tahun ini gagal. Dia belum bisa mencapai passing grade.

“Saya baru lulus kuliah tahun ini. Jadi tidak masalah. Tahun berikutnya akan mencoba lagi. Soalnya memang cukup sukar menurut saya,” tuturnya.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang meninjau pelaksanaan tes SKD berharap seleksi bisa terjaring calon ASN pemprov yang kompeten. Apalagi, sistemnya cukup ketat dan mengandalkan kemampuan pribadi.

Komentar

Loading...